detikNews
Selasa 29 Januari 2019, 11:34 WIB

PBB soal Habib Rizieq Minta 'Bedol Desa': Ikon Kami Yusril, Bukan Lainnya

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
PBB soal Habib Rizieq Minta Bedol Desa: Ikon Kami Yusril, Bukan Lainnya Yusril Ihza Mahendra dan Afriansyah Ferry Noer (Foto: ANTARAFoto)
Jakarta - Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab mengeluarkan maklumat untuk aktivis FPI beserta sayap juang yang menjadi pengurus maupun caleg Partai Bulan Bintang (PBB) untuk mengundurkan diri massal. DPP PBB menegaskan ikon partai adalah ketua umum Yusril Ihza Mahendra, bukan orang lain.

"Sekarang ini PBB lagi bagus itu karena citra ketua umum Yusril Ihza Mahendra. Ketua Umum PBB itu Yusril, bukan yang lain. Bukan siapa-siapa. Citranya ketua umum yang selalu membela umat dengan benar, dengan berani," kata Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noer saat dihubungi, Selasa (29/1/2018).

"Tidak ada citra lain, ormas lain, nggak ada itu. PBB punya ikon sendiri, Yusril Ihza Mahendra, yang konkret membela umat, ulama, ormas," sambung dia.


Diberitakan sebelumnya, maklumat tersebut dikeluarkan karena PBB memutuskan mendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019. Habib Rizieq meminta dukungan dialihkan kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Juru bicara FPI, Slamet Ma'arif, membenarkan bahwa maklumat ini disampaikan langsung oleh Rizieq dari Mekah, Arab Saudi.


Kembali ke Ferry, dia mempersilakan para kader dan caleg PBB yang tidak sepakat dengan kebijakan partai untuk mengundurkan diri. Menurut dia, masih banyak kader partai yang mempunyai militansi yang baik.


Menurut Ferry, aktivis FPI yang menjadi caleg lewat PBB tidak terlalu banyak. Rencana mundur diri para aktivis yang tergabung dalam ormas pimpinan Habib Rizieq itu pun, disebut Ferry, tak akan banyak mempengaruhi suara PBB pada Pileg 2019.

"Tidak (pengaruh), kan masih caleg yang lain, caleg dari FPI kan hanya beberapa orang di PBB. Kita bisa hitung untuk DPR RI saja, 50 orang nggak sampe kok," tuturnya.


Saksikan juga video 'Peniup Isu Kriminalisasi Habib Rizieq Seperti Ashabul Kahfi?':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com