DetikNews
Rabu 23 Januari 2019, 15:12 WIB

Syukurlah, Titi Wati 220 Kg Sudah Bisa Duduk

Aditya Mardiastuti - detikNews
Syukurlah, Titi Wati 220 Kg Sudah Bisa Duduk Foto: Titi Wati dengan berat 350 kg (ist.)
Denpasar - Kondisi fisik Titi Wati (37) mengalami kemajuan setelah menjalani operasi bariatrik. Perempuan berbobot 220 kg yang bertahun-tahun telungkup kini sudah bisa duduk.

"Sekarang astungkara, dalam kuasa Tuhan Yang Maha Esa, Titi yang bertahun-tahun telungkup sekarang sudah bisa duduk, syukurlah," kata tim dokter ahli asal Sanglah, dr Gede Eka Rusdi A, MARS, Sp B-KBD di sela Bali Bariatric Surgery Forum di Denpasar, Bali, Rabu (23/1/2019).

Rusdi menerangkan kondisi Titi juga masih terus dipantau oleh nutrisionis dan juga rehab medik. Saat ini kondisi fisik Titi juga dilaporkan semakin membaik.


"Kedua Titi yang perutnya nggak bisa kendor sekarang kendor, bisa bernafas lebih baik. Yang penting parameter labnya sudah baik, gula darah tinggi sudah normal dan lemaknya dari tinggi sudah normal. Jadi bukan hanya persoalan penurunan berat badan," terangnya.

Titi diperbolehkan pulang ke rumah pada Senin (21/1), sekitar pukul 16.00 WIB. Dia sempat menjalani rawat inap selama 5 hari. Rusdi menerangkan rawat inap itu bukan karena ditemukannya gangguan selama operasi.


"Kemarin kan proses operasi 1,5 jam, selama di rumah sakit pasca operasi dia 5 hari di rumah sakit. Bukan karena dia nggak boleh pulang tapi karena pemdanya masih perbaiki rumahnya, rumahnya jadi baru dia mau pulang," terang Rusdi.

Perempuan penderita obesitas yang mendapatkan bantuan perawatan kesehatan dari Pemprov Kalteng itu, pulang menggunakan mobil pikap yang semula mengantarnya ke rumah sakit setempat. Sebab, tidak ada ambulans yang muat.

Dalam pengantaran terhadap perempuan itu ke kediamannya, pihak rumah sakit sama sekali tidak ada kendala. Namun, untuk mengangkut yang bersangkutan tentunya memerlukan jumlah tenaga banyak.
(aan/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed