detikNews
Selasa 22 Januari 2019, 15:39 WIB

Menko PMK Minta Kementerian-Lembaga Tingkatkan Mitigasi Bencana

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Menko PMK Minta Kementerian-Lembaga Tingkatkan Mitigasi Bencana (Kiri-kanan) Kepala BNPB Letjen Doni Monardo, Menko PMK Puan Maharani, Mensos Agus Gumiwang, dan Kabasarnas Marsdya M Syaugi seusai rapat koordinasi soal mitigasi bencana. (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani memimpin rapat koordinasi mitigasi penanggulangan bencana di Indonesia bersama menteri dan kepala lembaga terkait. Puan meminta kementerian/lembaga terkait meningkatkan mitigasi bencana.

"Dalam rakor tadi yang telah saya pimpin bagaimana kemudian semua kementerian lembaga bisa membangun kesiapsiagaan dan memberikan mitigasi, sosialisasi kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Kemudian membangun sistem peringatan dini. Terkait peringatan dini bahwa antara BMKG, Badan Geologi kemudian Badan Informasi Geospasial, itu harus bisa melakukan sinergi terkait dengan apa saja data-data yang mereka miliki untuk bisa memberikan mitigasi kepada masyarakat," ujar Puan seusai rapat di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).


Puan mengatakan, sejauh ini belum ada konektivitas antara BMKG, Badan Geologi, dan Badan Informasi Geospasial terkait peringatan dini bencana kepada masyarakat. Oleh sebab itu, Puan menekankan pentingnya mitigasi bencana.

"Mitigasi bencana akan sangat penting untuk bisa meminimalisir korban. Karena alam tidak bisa kita lawan. Alam itu akan berjalan seperti alamnya. Namun yang kita harapkan korban bisa kita hindari paling tidak korban yang ada tidak sampai menjadi banyak," ujar Puan.


Sinergitas antara TNI, Polri, Basarnas mengenai SOP tanggap darurat juga penting. Begitu juga terkait sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai kebencanaan.

"Sosialisasi dan edukasi masyarakat akan kita tingkatkan di Kementerian Sosial, di Kemendikbud, kemudian di Basarnas dan kementerian/lembaga yang lain sudah ada program edukasi dan sosialisasi salah satunya adalah goes to school ke anak-anak sekolah yang mereka diberikan pendidikan. Saat atau akan terjadi bencana harus ngapain walaupun sampai saat ini memang hal tersebut harus lebih ditingkatkan," jelas Puan.

Rakor dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil; Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita; Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI M Syaugi; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo; dan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.
(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed