DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 12:47 WIB

Fadli Ungkap Adik Prabowo Bantu Jokowi Puluhan Miliar Rupiah di Pilgub DKI

Tsarina Maharani - detikNews
Fadli Ungkap Adik Prabowo Bantu Jokowi Puluhan Miliar Rupiah di Pilgub DKI Hashim bersama Prabowo Subianto (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengaku memberikan bantuan dana cukup besar kepada Joko Widodo (Jokowi) saat maju di Pilgub DKI Jakarta 2012. Waketum Gerindra Fadli Zon memastikan cerita itu benar adanya.

"Saya tahu banget kok, pada waktu 2012 itu yang paling banyak keluar untuk mendukung adalah Pak Hashim. Itu puluhan miliar. Saya tahu dengan mata kepala sendiri ibaratnya," kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Namun ia mengaku tak tahu pasti nominal uang yang diberikan Hashim ke Jokowi. Fadli mengatakan jumlahnya hingga puluhan miliar rupiah.


"Saya lupa kalau jumlah pastinya, tapi yang jelas puluhan miliar," sebut Wakil Ketua DPR itu.

Jokowi di debat perdana capres-cawapres, Kamis (17/1), mengaku tak mengeluarkan uang sepeser pun saat maju di Pilgub DKI Jakarta 2012. Menurut Fadli, Jokowi ibarat kacang lupa kulit.

"Itu biar orang menilailah. Mungkin seperti kacang lupa pada kulitnya," kata Fadli.


Sementara itu, sebelumnya Hashim Djojohadikusumo mengungkap pemberian bantuan dana kepada Jokowi saat maju di Pilgub DKI Jakarta 2012. Meski tak menyebut angka, Hashim mengatakan jumlah dana yang diberikannya besar sekali.

"Besar, tapi ratusan miliar nggak benar. Dana yang saya bantu besar sekali," kata Hashim di media center Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Senin (21/1).
(tsa/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed