detikNews
Jumat 18 Januari 2019, 14:09 WIB

4 Momen Paling Menggelitik Debat Pilpres Perdana

Tim detikcom - detikNews
4 Momen Paling Menggelitik Debat Pilpres Perdana Foto: Debat capres-cawapres 2019 perdana (Rengga Sancaya)
Jakarta - Debat capres-cawapres 2019 perdana selesai digelar semalam. Momen menggelitik bermunculan dalam ajang adu gagasan calon pemimpin RI tersebut.

Dirangkum detikcom, Jumat (18/1/2019), setidaknya ada 4 momen menarik dalam debat capres-cawapres 2019 perdana. Berikut 4 momen unik di debat perdana antara Joko Widodo-Ma'ruf Amin versus Prabowo Subianto-Sandiaga Uno:


1. Sandiaga tolak bicara Gerindra

Momen ini terjadi ketika calon presiden petahana Joko Widodo bertanya kepada Prabowo soal pengurus Partai Gerindra yang menurutnya kebanyakan diisi oleh lelaki. Jokowi menanyakan itu karena, menurut dia, visi-misi Prabowo Sandi menjanjikan pemberdayaan perempuan.

Prabowo menjawab Jokowi dengan menyebut partainya punya Wakil Ketua Umum Rachmawati Soekarnoputri. Prabowo juga membanggakan sayap Partai Gerindra yang bernama Perempuan Indonesia Raya dan menurut Prabowo, Partai Gerindra punya caleg perempuan terbanyak. Setelah menjawab Jokowi, Prabowo memberi gestur mempersilakan Sandiaga berbicara.

"Saya bukan Gerindra lagi, Pak. Nggak bisa jawab," kata Sandiaga.

"Bener, bener, bener. Sorry, sorry, sorry," ucap Prabowo.


2. Debat caleg eks napi koruptor berujung Prabowo joget kecil

Prabowo Subianto dan Jokowi terlibat debat sengit soal caleg eks napi koruptor. Jokowi mempertanyakan eks napi koruptor yang diusung Partai Gerindra, yang menurutnya pencalonan itu diteken sang ketua umum dalam hal ini Prabowo sendiri.

Jokowi mengulangi pertanyaannya mengenai jumlah mantan napi korupsi yang maju dalam pileg dari Partai Gerindra. Jokowi bertanya karena pencalegan itu diteken oleh seorang ketum, dalam hal ini Prabowo, dan sekjen.

"Mohon maaf, maksud saya mantan napi korupsi yang Bapak calonkan sebagai caleg di Gerindra itu berdasarkan data ICW ada enam yang diteken oleh Ketum dan Sekjen...," lalu pertanyaan Jokowi terhenti.


Pertanyaan Jokowi terhenti lantaran Prabowo mengangkat tangan dengan bertanya kepada moderator 'boleh saya menanggapi?'. Pertanyaan Prabowo itu dijawab 'tidak boleh' oleh moderator.

Sontak kemudian para tamu tertawa. Lalu Prabowo menunjukkan gestur joget kecil di atas panggung sembari tersenyum. Sandiaga, yang berada di sebelahnya, lalu merangkul dan melakukan gerakan memijit-mijit bahu Prabowo. Sejumlah tamu tertawa melihat peristiwa ini.


3. Jokowi gulung lengan kemeja

Joko Widodo menunjukkan gestur serius ketika menekankan dirinya dan Ma'ruf Amin akan terus bekerja. Jokowi menyampaikan hal itu dalam sesi closing statement.

"Jokowi-Amin akan pertaruhkan jabatan dan reputasi dan akan kami gunakan semua kemampuan yang kami miliki untuk perbaikan bangsa ini," kata Jokowi.

Setelah mengucapkan hal itu, Jokowi-Ma'ruf Amin masih memiliki waktu sekitar satu menit. Moderator Ira Koesno mempersilakan pasangan ini untuk memanfaatkan waktu tersisa.

"Kami ingin bekerja," tegas Jokowi. Jokowi lantas menggulung lengan kemejanya.


4. Sandiaga cium tangan Ma'ruf 5 kali

Usai debat, cawapres Sandiaga Uno menghampiri cawapres Ma'ruf Amin. Sandi lantas mencium tangan Ma'ruf Amin berkali-kali.

Pantauan detikcom di panggung debat Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, semalam, Jokowi lebih dahulu menyampaikan pernyataan penutup. Lalu dilanjutkan Prabowo.

Setelah itu, Jokowi-Ma'ruf tampak menghampiri Prabowo-Sandiaga. Jokowi dan Prabowo bersalaman dan cipika-cipiki.

Tonton video: #01UnggulDebat hingga #PrabowoSandiMenangDebat Trending di Twitter
[Gambas:Video 20detik]

Sementara itu, Sandiaga menyalami Ma'ruf Amin sambil mencium tangannya. Terpantau lima kali Sandiaga mencium tangan Ma'ruf.

Sebelum debat dimulai, Sandiaga juga mencium tangan Ma'ruf Amin. Ma'ruf lalu tampak menepuk pundak Sandiaga.




(gbr/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com