detikNews
Jumat 18 Januari 2019, 00:50 WIB

Prabowo Bicara Chief of Law Enforcement Officer, Mahfud: Isu Setiap Pilpres

Arief Ikhsanudin - detikNews
Prabowo Bicara Chief of Law Enforcement Officer, Mahfud: Isu Setiap Pilpres Mahfud Md (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mahfud Md mendukung ide capres petahana Joko Widodo mengusulkan pusat legislasi nasional. Ia juga berbicara mengenai pernyataan Prabowo Subianto mengenai chief of law enforcement officer.

Tamu undangan pada debat capres-cawapres berasal dari sejumlah kalangan. Mahmud menjadi salah satu tamu undangan di debat perdana capres-cawapres yang digelar di Hotel Bidakara, Jaksel, Kamis (17/1/2019) malam.

Menurut Mahfud, kedua pasangan calon juga telah mempersiapkan diri dengan matang. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengomentari pernyataan Prabowo yang menyebut presiden sebagai chief of law enforcement officer (panglima tertinggi dalam penegakan hukum).


"Ya itu sama, sejak dulu kan setiap-setiap pemilihan presiden selalu isunya itu. Presiden itu adalah pimpinan tertinggi dalam penegakan hukum. Memang begitu dan itu bukan isu baru. Nah, sekarang apa yang dilakukan sebagai chief of law enforcement itu tadi membuat suatu, apa namanya, dapur penggodokan hukum sehingga tumpang tindih itu hilang," kata Mahfud setelah menonton debat.

Mahfud menilai pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menguasai tema debat kali ini, yakni soal hukum, HAM, terorisme, dan korupsi.

"Bagus, lumayan menguasai masalah dan untuk bidang hukum ada yang baru, ya. Misalnya bagaimana membuat satu dapur penggodokan hukum. Itu saya kira penting karena kalau jawabannya hanya, misalnya, untuk hanya memperbaiki hukum untuk mengumpulkan pakar-pakar untuk sinkronisasi, itu sudah sejak dulu," ungkapnya.


Menurut Mahfud, pelibatan pakar-pakar soal legislasi tak cukup. Ia mendukung Jokowi yang ingin membentuk pusat legislasi nasional, yang nantinya akan dikontrol langsung oleh presiden.

"Misalnya ada satu dapur tadi untuk sinkronisasi setiap masalah hukum diolah, di dapur yang sama, tidak sendiri-sendiri. Seperti sekarang ini kan sendiri-sendiri nih, departemen punya, daerah punya. Dapurnya nggak ada, saya kira tumpang tindih. Tadi ada gagasan dua, ya. Mau ada satu lembaga yang khusus menangani masalah regulasi itu saya kira bagus," tutur Mahfud.

Dalam debat perdana, capres Prabowo Subianto memberikan tanggapan atas jawaban Jokowi mengenai penyelarasan aturan di Indonesia. Prabowo menyatakan aturan di Indonesia begitu tumpang tindih.

"Pemerintah itu yang bertanggung jawab untuk penyelarasan, perbaikan, untuk menghasilkan produk-produk aturan itu. Presiden adalah chief of law enforcement," kata Prabowo dalam sesi debat capres.



Simak juga video 'Mahfud MD Setuju Pusat Legislasi Nasional Solusi Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed