detikNews
Jumat 18 Januari 2019, 00:13 WIB

Amien Rais: Peran Kiai Ma'ruf Hampir Tak Ada di Debat

Audrey Santoso - detikNews
Amien Rais: Peran Kiai Maruf Hampir Tak Ada di Debat Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Amien Rais (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Amien Rais, mengkritik peran cawapres KH Ma'ruf Amin dalam debat perdana Pilpres 2019. Menurut Amien, Ma'ruf hampir tidak terlihat berperan selama debat.

"Saya lihat memang ada yang menonjol. Yang menonjol itu hampir tak ada peran Kiai Ma'ruf Amin, saya melihat seperti itu. Kedua, Pak Prabowo terlalu santun, sama sekali tak mau nyerang balik, itu mungkin juga ada hikmahnya," ujar Amien setelah menonton debat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).


Dalam debat, Ma'ruf berbicara sebanyak empat kali mengenai hak asasi manusia, disabilitas, terorisme, dan kontraterorisme. Jokowi lebih mengambil peran menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Perdebatan seru juga sempat terjadi antara Jokowi dan Prabowo. Misalnya saja seperti Jokowi menyinggung hoax penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet. Apa kata Amien?


"Kalau mau jujur itu lo ya, Pak Jokowi itu petugas partai. Jadi buat apa kita percaya sama dia? Sehingga semua koruptor asal dari PDIP pasti lolos karena dilindungi. Mana ada PDIP masuk ke KPK? Semua masuk safety box itu. Nah, jadi sesungguhnya ini memang mengalah betul. Nanti akan saya kasih tahu caranya supaya debat seimbang," kata Amien.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf memberikan pembelaan terhadap performa Ma'ruf. TKN menepis apabila debat perdana sebagai ajang one man show Jokowi.

"Menurut saya, tidak gugup, tegas tetapi santun, Pak Jokowi bukan bekerja sendiri, tapi berbagi tugas saja dengan KH Ma'ruf," ucap Wakil Direktur Juru Kampanye Nasional TKN Daniel Johan kepada wartawan.



Simak juga video 'Amien Rais Kritik Ma'ruf Amin dan Prabowo di Debat Perdana':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed