detikNews
Kamis 17 Januari 2019, 20:54 WIB

Debat Pilpres 2019

Sandi Cerita Nelayan di Karawang Dikriminalisasi tapi Tak Dapat Atensi

Dwi Andayani - detikNews
Sandi Cerita Nelayan di Karawang Dikriminalisasi tapi Tak Dapat Atensi Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Di forum debat, cawapres Sandiaga Uno bercerita mengenai nelayan bernama Najib di Karawang yang dikriminalisasi. Sandi memandang hukum hanya tajam kepada orang-orang kecil.

"Bahwa ada kisah pak Najib, seorang nelayan di Pantai Pasir putih, Karawang, neliau mengambil pasir untuk menanam mangrove di hutan bakau. Beliau dipersekusi, dikriminalisasi," kata Sandiaga dalam Debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).



Sandiaga mengatakan banyak kasus kriminalisasi orang-orang kecil yang tidak tersorot. Menurut dia, hukum seharusnya juga ditegakkan untuk orang-orang besar.

"Banyak kasus persekusi dan kriminalisasi ini tidak terpantau dan hanya kita lihat yang besar-besar saja.. Sementara kasus yang berdampak kepada masyasrakat, orang kecil, wong cilik tidak ditangani dengan baik," ujarnya.


Dia menegaskan hukum jangan sampai hanya digunakan untuk memukul lawan dan melindungi kawan. Dia berjanji, jika dirinya terpilih, hukum akan berlaku adil bagi seluruh lapisan masyarakat.

"Jangan hukum ini dipakai untuk memukul lawan tapi melindungi kawan," ujarnya.
(knv/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed