DetikNews
Kamis 17 Januari 2019, 16:37 WIB

BMKG: NTT Daerah Rawan Gempa dan Tsunami

Tim detikcom - detikNews
BMKG: NTT Daerah Rawan Gempa dan Tsunami Gedung BMKG (Foto: Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - BMKG memprediksi seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam rentan gempa dan tsunami. Terlebih, BMKG punya catatan sejarah pernah diterjang tsunami di Pulau Flores puluhan tahun lalu.

"NTT masuk dalam kawasan yang rentan akan gempa dan tsunami, apalagi pulau Flores pernah mengalami tsunami," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nelly Florida Riama, sebagaimana dikutip Antara, Kamis (17/1/2019).

Saat ini pihak BMKG sedang menyiapkan peralatan peringatan dini tsunami untuk ditempatkan di daerah sejumlah daerah di NTT. Nelly berharap tak ada alat peringatan dini di NTT yang jadi korban vandalisme.



Dia menambahkan, alat peringatan dini tsunami yang tersebar di seluruh Indonesia sudah diganti dengan peralatan yang baru, dengan tujuan memberikan peringatan dini jika terjadi bencana alam.

"Pos maritim ini juga sekaligus sebagai dukungan BMKG terhadap rencana peningkatan status Pelabuhan Tenau Kupang jadi pelabuhan internasional," jelasnya.

Selain membahas soal bencana, BMKG bersama rombongan Komisi V DPR, ASDP dan lain-alin juga membahas infrastruktur dan bendungan.


(rvk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed