detikNews
Senin 14 Januari 2019, 15:42 WIB

Tim Gabungan Novel Dibentuk di Tahun Politik, Polri: Kebetulan Saja

Audrey Santoso - detikNews
Tim Gabungan Novel Dibentuk di Tahun Politik, Polri: Kebetulan Saja Foto: Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal. (Guruh-detikcom)
Jakarta - Polri menyatakan pembentukan tim gabungan penyidikan kasus Novel Baswedan di tahun politik hanyalah kebetulan. Polri menuturkan pembentukan tim tersebut terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan Komnas HAM.

"Beberapa pihak eksternal juga melakukan pengawasan dan penguatan seperti Ombudsman, Kompolnas, terakhir Komnas HAM. Mungkin kebetulan saja dekat dengan pesta demokrasi. Tapi tidak ada kaitan sama sekali," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2019).

"Ranah Kapolri harus membentuk itu tadi. Membentuk tim Unsur Polri, KPK, unsur pakar. Kalau mau tahu substansinya bisa tanya ke Komnas HAM," lanjutnya.


Iqbal menuturkan polisi tak memiliki kepentingan lain dalam pembentukan tim ini, selain ingin menuntaskan kasus teror terhadap Novel. Iqbal meminta semua pihak tidak membentuk opini yang macam-macam di tengah masyarakat terkait tim gabungan kasus Novel ini.

"Nggak ada kepentingan apapun, ya untuk mengungkap kasus itu. Tolong jangan di-framing macam-macam," ucap Iqbal.

Ditanyai apakah rekomendasi Komnas HAM bersifat wajib hingga akhirnya Polri merealisasikannya, Iqbal menerangkan perwujudan rekomendasi itu adalah bentuk sinergitas antara Polri dengan Komnas HAM.

"Sinergi jawabannya. Kalau ini tugas wajib. Komnas HAM, Ombudsman melakukan sosial kontrol. Muaranya untuk pelayanan masyarakat," tutur Iqbal.


Terkait keraguan para pendukung Novel terhadap kinerja tim gabungan ke depannya, Iqbal enggan menanggapi. "Saya tidak akan mengomentarinya. Yang penting kami mampu, kami akan terus melakukan proses sampai kasus ini terungkap," pungkasnya.


Saksikan juga video 'Jokowi Sebut TGPF Novel Baswedan Bukan Rekomendasi Dirinya':

[Gambas:Video 20detik]



Tim Gabungan Novel Dibentuk di Tahun Politik, Polri: Kebetulan Saja



(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com