DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 14:36 WIB

Sudah Tak Meletus 3 Hari, Gunung Anak Krakatau Masih Siaga

Arief Ikhsanudin - detikNews
Sudah Tak Meletus 3 Hari, Gunung Anak Krakatau Masih Siaga Gunung Anak Krakatau (Arief/detikcom)
Jakarta - Gunung Anak Krakatau sudah tidak meletus sejak tiga hari lalu. Namun status gunung belum diturunkan dari level III atau siaga.

"Sejak tanggal 10 (Januari 2019) sampai tadi pagi pukul 06.00 WIB tidak ada letusan," ucap peneliti gunung api Badan Geologi, Mamay Surmayadi, kepada wartawan di Kawasan Industri Krakatau Steel Cilegon, Banten, Minggu (13/1/2019).


Namun keadaan itu tidak membuat status Gunung Anak Krakatau diturunkan dari level siaga. Hal ini karena masih ada gempa di kawasan Gunung Anak Krakatau.

"Tetap siaga, karena berhenti Gunung Anak Krakatau masih dalam tahap fluktuatif. Mungkin besok masih meletus lagi karena kegempaan masih ada," ucap Mamay.

Manay menyebut perlu waktu agak lama untuk menurunkan status Gunung Anak Krakatau. Untuk itu, masyarakat jangan ada yang berada dalam radius 5 kilometer dari puncak gunung.

"Mudah-mudahkan lihat perkembangan silent (diam) karena periode fase erupsi Gunung Anak Krakatau itu panjang, satu bulan sampai dua tahun," ucap Mamay.


Mamay pun bersyukur karena pada hari ini dia bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat dengan helikopter. Di depan matanya, tampak kawah gunung dengan jelas.

Dia merasa rombongannyalah yang pertama kali bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat sejak erupsi 22 Desember 2018.

"Alhamdulillah cuaca sehat, tampaknya kita orang pertama yang paling dekat terbang, hanya sekitar 100 meter dari kawah. Kemarin, Ibu Dwikorita (Kepala BMKG) ke sana, tapi agak jauh," ucap Mamay.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed