DetikNews
Minggu 13 Januari 2019, 10:25 WIB

Ketum PPP Beri Tiga Tips Perangi Hoax

Nabila Nufianty Putri - detikNews
Ketum PPP Beri Tiga Tips Perangi Hoax Foto: Dok. PPP
Jakarta - Ketua Umum PPP M Romahurmuziy menyebut bahwa saat ini peredaran hoax seakan-akan tidak terkendali. Umumnya, hoax tersebut terkait dengan kontestasi Pemilu 2019, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

Dengan begitu, Rommy mengimbau ada tiga tips atau langkah yang perlu dilakukan agar hoax tidak merajalela dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Tiga tips tersebut ia kutip dari Rand Corporation.


"Pertama adalah lakukan proses hukum. Laporkan penyebar dan pembuat hoax ini kepada aparat yang berwenang untuk diproses hukum," kata Rommy dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, para pembuat dan penyebar hoax harus mendapatkan hukuman yang setimpal dan membuat yang lain takut melakukannya.

"Memang untuk menjerat pelaku dan penyebar hoax saat ini seakan-akan sulit dilakukan, karena jumlahnya yang sangat banyak. Maka perlu ada pelaku yang dihukum sehingga bisa menimbulkan efek jera bagi yang lain," ungkap Rommy.

Tidak berhenti pada proses hukum, Rommy melanjutkan, langkah kedua yang harus dilakukan adalah meluruskan hoax yang sudah telanjur tersebar tersebut. Bantahan ini juga harus dilakukan dengan masif agar masyarakat yang sudah terlanjur menerima hoax bisa mengetahui informasi yang besar.

"Ketiga adalah menerbitkan isu baru yang cukup kuat sebagai pengalihan isu hoax," tambah Rommy.


Rommy berharap pemilu yang saat ini berlangsung tidak dipenuhi dengan hoax. Semua kontestan bisa berkontestasi dengan baik, mengedepankan isu positif, serta menghindari kampanye negatif maupun kampanye hitam dan hoax. Sebab, hoax bisa memberikan dampak negatif yang sangat besar bagi bangsa.

"Kontestasi pemilu hanya lima tahun sekali. Jangan sampai kontestasi ini menimbulkan perpecahan," tegas Rommy.
(ega/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed