DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 17:54 WIB

Kepala BNPB Letjen Doni Kunjungi Lokasi Longsor Sukabumi

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kepala BNPB Letjen Doni Kunjungi Lokasi Longsor Sukabumi Foto: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengunjungi lokasi longsor Sukabumi (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengunjungi lokasi longsor Sukabumi. Doni Monardo mengingatkan masyarakat agar tak menanam sayuran di daerah yang miring.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (11/2019), setibanya di lokasi, Doni dan rombongan langsung meninjau lokasi longsor di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Terpantau daerah yang dulu permukiman kini menjadi tumpukan tanah dan batu.


Doni menjelaskan lebih jauh perihal cocok tanam masyarakat sekitar. Menurut Doni, masyarakat harusnya menanam buah, bukan sayur atau padi.

"Ke depannya harus ada upaya yang keras yang sistematis, yang serius untuk tidak lagi boleh tanam sayuran di kemiringan. Bukan hanya di sini tapi di banyak daerah. Harus ada solusi untuk mengganti pohon. Kalau padi otomatis nanti ada air. Ada risiko longsor," ucap Doni.

Doni lantas berbincang dengan korban longsor. Dia kembali mengingatkan masyarakat untuk tidak lagi menanam padi.


"Makanan dan bantuan lain, cukup, Bu?" kata Doni yang dijawab 'cukup' oleh warga tersebut.

"Jangan tanam padi lagi ya. Nanti kita siapkan buah. Kalau padi, nanti akan berisiko longsor lagi," ucap Doni.



Tonton juga video 'Berikut Nama Korban Longsor Kp Adat Sukabumi':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed