DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 15:55 WIB

Soal Elang Indonesia, Ambulans Udara yang Antar Arifin Ilham ke Malaysia

Jabbar Ramdhani - detikNews
Soal Elang Indonesia, Ambulans Udara yang Antar Arifin Ilham ke Malaysia Ustaz Arifin Ilham saat keluar dari RSCM Kencana untuk terbang ke Malaysia (Foto: Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham terbang ke Penang, Malaysia, untuk berobat menumpangi pesawat jet charter-an dari perusahaan Elang Lintas Indonesia. Pesawat ini disebut ambulans udara. Kenapa begitu?

Ambar dari bagian operasi Elang Lintas Indonesia menjelaskan pihaknya tak sekadar mengantar seorang pasien dari kota satu ke kota lain. Lebih dari itu, Elang Indonesia juga mengurus administrasi seorang pasien di rumah sakit (RS) yang dituju.

"Kita bantu administrasi ke RS juga. Jadi (termasuk) dengan dokter siapa untuk ketemu ditangani," kata Ambar saat dihubungi, Kamis (10/1/2019).


Dia menjelaskan, sebelum Arifin terbang, pihaknya sudah lebih dulu mengirimkan rekam medis. Sehingga pihak RS di Penang sudah mengetahui diagnosa penyakit Arifin.

Pesawat baru terbang setelah pihak RS yang dituju menyatakan siap dan sudah ada dokter yang ditunjuk untuk menangani pasien tersebut.

Dia mengatakan tahapan-tahapan ambulans udara ini sudah jadi prosedur standar pelayanan (SOP). Ambulans udara ini menyediakan layanan untuk dalam dan luar negeri.


Dilihat dari situs resmi, selain dalam negeri, Elang Indonesia juga melayani penerbangan ke Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Hong Kong, China, Australia, dan wilayah Pasifik. Layanan sewa ini tersedia 24 jam.

"Data (pasien) kita dapat semuanya, (seperti) diagnosa, dan lain sebagainya. Setelah di rumah sakit tersebut kita sudah dapat jawaban dengan dokter siapa, diagnosa sudah kita kirimkan juga, dan mereka menjawab 'oke', baru bisa diantar ke RS tersebut, baru kita terbangkan," ucap dia.
Pesawat kelas VIP Jet Chartered yang dipakai untuk mengantar Ustaz Arifin Ilham ke MalaysiaPesawat kelas VIP Jet Chartered yang dipakai untuk mengantar Ustaz Arifin Ilham ke Malaysia Foto: Dok. Elang Indonesia
Namun, Ambar enggan menyebutkan ongkos ambulans udara ini. Dia mengatakan nominal ongkos akan disebutkan manajemen kepada calon penumpang yang hendak menyewa.


Ambar juga tidak menyebutkan soal pihak yang menanggung ongkos ambulans udara untuk Arifin. Dia juga tidak membenarkan soal kemungkinan layanan ambulans udara untuk mengantar Arifin berobat dari pihaknya.

"Saya tidak tahu pastinya, saya tidak bisa sebutkan (pihak penyewa). Yang pasti dari keluarga mendukung untuk kesembuhan Ustaz Arifin," tuturnya.

Ambar membenarkan soal pesawat yang ditumpangi Arifin masuk kelas VIP Jet Chartered. Belum diketahui apakah Arifin akan menumpangi pesawat yang sama saat kembali ke tanah air nanti.


Sempat beredar isu Arifin diantar menggunakan jet pribadi Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Ambar menyatakan pesawat ataupun Elang Indonesia bukan milik Prabowo.

"Bukan (milik Prabowo) sih. Makanya begitu ada yang menginformasikan begitu, kita cuman diam saja. Karena kita tidak ada kepentingan di situ. Itu publik yang ngomong. Tapi yang jelas bukan," tuturnya.

Ustaz Arifin terbang ke Malaysia pagi tadi dari Bandara Halim Perdanakusuma. Ustaz kondang itu dikabarkan akan dirawat di Gleneagles Hospital di Penang. Sebelumnya Arifin dirawat di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana, Jakarta.
(jbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed