detikNews
Kamis 10 Januari 2019, 10:53 WIB

Sejumlah Menteri Hadiri Rakornas PDIP

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sejumlah Menteri Hadiri Rakornas PDIP PDIP (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - PDIP menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) hari ini. Sejumlah menteri turut menghadiri rakornas yang digelar bersamaan dengan HUT ke-46 PDIP itu.

Acara digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019). Acara dihadiri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Politikus PDIP Kwik Kian Gie, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, dan jajaran PDIP lainnya.

Menko PMK Puan Maharani, Menkum HAM Yasonna Laoly, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menhan Ryamizard Ryacudu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Hamzah Haz, Try Sutrisno, hingga tokoh-tokoh nasional lainnya juga sudah hadir di lokasi. Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Kiai Ma'ruf Amin juga hadir.


PDIP memilih tema 'Persatuan Indonesia Bumikan Pancasila' di ulang tahun mereka kali ini. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan tema ini dipilih karena menjadi kekuatan pemersatu dan hadir sebagai Rumah Kebangsaan Indonesia Raya adalah jati diri PDIP.

"Hal ini juga sesuai nomor urut partai, nomor 3. Karena itulah mengapa prinsip kebangsaan, nasionalisme, dan dedikasi bagi bangsa dan negara selalu hidup dan dibumikan dengan baik. Sebab, kami yakin bahwa ideologi Pancasila, Gotong Royong, dan Semangat Kerakyatan itulah yang menjadi kunci eksistensi partai," ujar Hasto dalam keterangannya, Kamis (10/1/2019).

Hasto juga mengatakan HUT ke-46 dan rakornas PDIP hari ini merupakan puncak konsolidasi ideologi, organisasi, politik, dan konsolidasi partai. PDIP akan berjuang untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 dan memenangkan partai di pileg.

"Dengan HUT dan sekaligus rakornas yang dihadiri oleh 13.126 kader partai, maka pesan yang disampaikan adalah bahwa PDI Perjuangan siap mengawal pemerintahan Pak Jokowi ke depan. Bagaimanapun, memenangkan PDI Perjuangan sekaligus dengan memenangkan Pak Jokowi-KH Maruf Amin adalah satu tekad perjuangan menang untuk rakyat," tutur dia.


Dalam acara ini, kata Hasto, para kader akan mendapat materi lengkap tentang visi-misi partai serta Jokowi-Ma'ruf. Selain itu, buku-buku terkait keberhasilan Jokowi dan presiden ke-1 Sukarno akan dibagikan.

"Peserta mendapat materi lengkap tentang agenda strategis partai, visi-misi Pak Jokowi-KH Maruf Amin, buku komik 'Sejarah Bung Karno', 'Keberhasilan Pak Jokowi', dan 'Buku Bung Karno dan Islam'," pungkas Hasto.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed