DetikNews
Kamis 10 Januari 2019, 09:09 WIB

NasDem ke Fahri Hamzah soal Dana Desa: Tak Perlu Buat Retorika

Mochamad Zhacky - detikNews
NasDem ke Fahri Hamzah soal Dana Desa: Tak Perlu Buat Retorika Johnny G Plate (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sekjen NasDem Johnny G Plate meminta Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah tak membuat retorika tentang dana desa. Johnny menegaskan Presiden Jokowi tidak akan menyalahgunakan dana desa untuk kepentingan Pilpres 2019.

"Presiden Jokowi secara sungguh-sungguh dan konsisten menggunakan APBN untuk kepentingan pembangunan negara dan keberpihakan pada program prorakyat, bukan dirampok untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok. Pak Jokowi menerapkan dengan benar prinsip-prinsip anti-KKN sebagaimana amanat reformasi," kata Johnny saat dimintai tanggapan, Rabu (9/1/2019).


Menurut Johnny, APBN pemerintahan Jokowi lebih berkualitas dari era sebelumnya. Kalau pemerintahan sebelum Jokowi, sambung dia, asal setuju saja.

"APBN 2019 sudah jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan APBN periode sebelum pemerintahan Pak Jokowi karena memang dibahas secara serius antara pemerintah dan DPR, bukan hanya asal setuju seperti yang didengar di waktu dulu," sindir Johnny.

Fahri sebelumnya meminta pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengawasi dana desa yang cair sebelum Pilpres 2019 digelar. Dia juga memaparkan tentang dana Bansos 2019 yang nilainya Rp 34 triliun.


Johnny lalu meminta Fahri tak membuat retorika. Dia mengimbau untuk saling mengawasi penggunaan APBN 2019.

"Tidak perlu membuat retorika yang tendensius jauh dari akal sehat. Marilah bersama sama mengawal pelaksanaan anggaran agar sepenuhnya digunakan sesuai peruntukan sebagaimana yang diamanatkan dalam UU APBN 2019," jelasnya.

Sebelumnya, Fahri menghubungkan dana desa dengan suatu pertarungan. Dia ingin Prabowo-Sandi mengimbau ke publik bahwa dana desa tidak ada hubungannya dengan petahana.

"Lalu ada dana macan-macam yang intinya untuk mengaktivasi rakyat bawah, ada juga yang bentuknya mungkin cash. Saya di DPR berkepentingan, melihat satu pertarungan yang benar. Maka saya ingin Prabowo-Sandi sampaikan ke publik tak ada hubungannya ke incumbent," papar Fahri.


Saksikan juga video 'Total Dana Desa Rp 187 T Digelontorkan, Apa Saja Hasilnya?':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed