detikNews
Rabu 09 Januari 2019, 10:30 WIB

Ikan-ikan di Kali Kemakmuran Bekasi 'Mabuk'

Isal Mawardi - detikNews
Ikan-ikan di Kali Kemakmuran Bekasi Mabuk Foto: Kali Kemakmuran Bekasi (Isal-detikcom)
Jakarta - Sejumlah Ikan di Kali Kemakmuran Bekasi, Jawa Barat, 'mabuk'. Penyebabnya disebut karena limbah, sehingga ikan-ikan itu terlihat di atas permukaan dan jadi santapan warga untuk dipancing.

"Iya betul (ikan mabuk). Ada hujan lebat dari hulu. Malam Selasa. Kalinya hitam. Cuma tidak terdeteksi hitam itu dari mana," ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLH Kota Bekasi, Masriwati, ketika dihubungi, Rabu (9/1/2019).

Masriwati mengatakan kejadian ikan mabuk di Kali Kemakmuran, Bekasi Selatan, Kota Bekasi pada Selasa (8/1) pagi. Lokasinya di depan Rumah Sakit Hermina Bekasi.



Masriwati menduga kandungan air tercampur limbah. Masriwati mengatakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi telah menurunkan tim laboratorium untuk mengambil sampling air. Namun, Masriwati mengaku belum menerima hasil lab.

Warga, Bukhari, mengatakan masyarakat sekitar kali memanfaatkan momen dengan mengambil sebanyak mungkin ikan di Kali Kemakmuran pada Selasa (8/1). Bukhari mengatakan warga mengambil dengan tangan kosong dan ember.

"Sepanjang kali ini (kemakmuran) aja ramai banyak yang ngambil (Ikan). Warga ngambilnya pada pakai ember ada juga yang pakai tangan," ujar Bukhari di Jalan Kemakmuran, Kota Bekasi.



Bukhari menjelaskan ikan yang mabuk sejenis Ikan Mujaer. Ikan tersebut, kata Bukhari, berputar-putar seperti mabuk.

"Sekitar jam 12 (siang) kemarin. Dari (RS) Hermina sepanjang jalan kemakmuran orang-orang pada ambil. Ramai pokoknya," ujar Bukhari.

Pantauan detikcom pada hari ini, tidak terlihat ikan yang mabuk di Kali Kemakmuran. Air kali tampak bewarna coklat.

"Kalau cuma lumpur nggak terlalu (berbahaya). Akan lebih baik kalau tidak dimanfaatkan (ikan). Kalau di cuci bersih, Mudah-mudahan nggak apa-apa. Kalau bisa tidak dimanfaatkan (ikan)," ujar Masriwati.
(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com