DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 10:26 WIB

Habiburokhman: Prabowo Unggul 3-0 dari Jokowi di Materi Debat Perdana

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Habiburokhman: Prabowo Unggul 3-0 dari Jokowi di Materi Debat Perdana Foto: Twitter Habiburokhman
Jakarta - Debat perdana Pilpres 2019 tinggal menghitung hari. Meski belum dimulai, politikus Gerindra Habiburokhman sudah menyebut capresnya, Prabowo Subianto, unggul 3-0 dari Jokowi. Apa maksudnya?

"Terkait materi debat pertama, yaitu soal hukum dan HAM, korupsi, dan terorisme, saya yakin Prabowo sudah unggul 3-0 dari Jokowi," kata Habiburokhman kepada wartawan, Selasa (8/1/2019).


Selama berkuasa, kata Habiburokhman, Jokowi lemah di tiga bidang tersebut. Sedangkan Prabowo, kata dia, punya konsep yang jelas.

"Bisa jadi ini seperti unfulfilled promises versus new hope. Dalam bidang hukum dan HAM, orang akan mempertanyakan kasus ketimpangan penegakan hukum, ada tuduhan hukum tajam ke kubu oposisi tetapi tumpul ke pendukung penguasa. Selain itu, ada beberapa kasus HAM penting yang tak selesai, seperti kasus Marsinah, Udin, dan Novel Baswedan," ujar Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah (ACTA) Air ini.


Dalam bidang korupsi, Habiburokhman menilai Jokowi jauh dari berhasil. Operasi tangkap tangan (OTT) KPK di lingkaran elite kekuasaan, yaitu Kementerian PUPR dan Kemenpora, serta kepala daerah berlatar belakang partai pendukung Jokowi, dinilainya jadi indikator kegagalan petahana.

"Hal tersebut merupakan indikasi gagalnya nawacita. Indeks Persepsi Korupsi juga masih stagnan di skor merah, yaitu 37, dari skor maksimal 100," ulasnya.

Dalam bidang terorisme, kata Habiburokhman, Jokowi akan sulit menjelaskan dinamika perluasan stigma radikal yang oleh sebagian orang dianggap tidak jelas metodenya.

"Jika ada calon yang berstatus petahana, debat itu bukan hanya soal performance adu kepintaran bicara dan berpikir, tetapi juga soal track record apa yang dia lakukan selama berkuasa. Wajar apabila kubu petahana pusing tujuh keliling menghadapi debat tersebut," pungkasnya.


Baca Juga: Pola Serangan 5:2 Prabowo-Sandi


Saksikan juga video 'Pak Jokowi, Sehatkah Ekonomi Nasional Negara Kita?':

[Gambas:Video 20detik]


(tor/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed