Di Bogor, Pengurus PPP Ziarah ke Makam KH Idham Chalid

Di Bogor, Pengurus PPP Ziarah ke Makam KH Idham Chalid

Nabilla Nufianty Putri - detikNews
Sabtu, 05 Jan 2019 17:56 WIB
Foto: Dok. PPP
Foto: Dok. PPP
Jakarta - Rombongan pengurus DPP PPP yang dipimpin Wakil Ketua Umum PPP, M. Arwani Thomafi berziarah ke makam KH Idham Chalid di Cisarua, Bogor. Ini merupakan rangkaian ziarah ke makam pendiri partai, setelah tadi pagi berziarah ke makam dua pendiri lainnya yaitu Mohammad Syafaat Mintaredja dan Haji Rusli Halil di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan.

Rombongan yang tiba siang hari di makam KH Idham Chalid membaca tahlil dan surat yasin. Selain itu mereka juga mengenang perjuangan tokoh yang sudah diangkat menjadi pahlawan nasional tersebut.

"Beliau adalah pelopor berdirinya PPP. Kita bersyukur PPP yang sudah 46 tahun tetap semangat berjihad melalui jalur politik sebagaimana amanah dari para pendiri partai, terutama KH Idham Chalid," kata Arwani dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/1/2019).


Arwani menyebut KH Idham sebagai sosok politisi lengkap. Sang kiai pernah menduduki sejumlah jabatan strategis mulai dari ketua partai politik, ketua DPR, ketua MPR, dan berbagai jabatan menteri hingga wakil perdana menteri. KH Idham juga pernah menjabat sebagai ketua umum PBNU tahun 1952 hingga 1984.

"Kiai ini pernah menempati semua jabatan di politik. Dalam dunia politik sungguh sangat luar biasa. Dan bahkan pernah menjadi Ketua Umum PBNU enam kali," kata Arwani.

Selain dihadiri Arwani juga hadir pengurus DPP PPP lainnya seperti Syaifullah Tamliha, Qoyyum Abdul Jabar, Bambang Hermanto, Andi Surya, Syarifudin, Dini Mentari dan Ketua Sekretariat DPP PPP, Thobahul Aftoni. Tampaknya juga sejumlah pengurus DPW dan DPC PPP se-Jawa Barat seperti Ketua DPC PPP Bogor, Elly Halimah Yasin.

Arwani menyebut bahwa kegiatan ziarah ini juga dilakukan seluruh DPC PPP se-nusantara. Mereka berziarah dan berdoa di makam para tokoh PPP setempat.



Tonton juga ' Ma'ruf Ziarah ke Makam Cucu Sunan Gunung Jati ':

[Gambas:Video 20detik]

Di Bogor, Pengurus PPP Ziarah ke Makam KH Idham Chalid
(prf/mpr)