detikNews
Sabtu 05 Januari 2019, 17:26 WIB

Flyover Kemayoran yang Renggang Diperbaiki

Pradita Utama - detikNews
Flyover Kemayoran yang Renggang Diperbaiki Flyover di kawasan Kemayoran, Jakarta, sempat mengalami kerenggangan. Hari ini petugas mulai memperbaiki sambungan siar muai (expansion joint) yang rusak. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Petugas memperbaiki sambungan siar muai (expansion joint) flyover Kemayoran, Jakarta Pusat, yang renggang. Petugas memperbaiki komponen sambungan hingga mengaspal kembali.

Pantauan detikcom, Sabtu (5/1/2019), petugas mengerjakan perbaikan sejak pagi. Pengerjaan selesai dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB.


Saat perbaikan dilakukan, flyover tetap dibuka. Petugas Dinas Perhubungan ada di lokasi untuk membantu kelancaran lalu lintas.

Sambungan siar muai yang diperbaiki hanya satu bagian, yakni di ruas jalan menjelang jalan turun. Sambungan tersebut memiliki lebar sekitar 20 cm.

Aspal di sambungan tersebut sudah rusak sekitar tiga bulan lalu. Sambungan yang rusak mengganggu dan membahayakan laju kendaraan yang melintas di lokasi tersebut.


Tampak beragam alat dibawa untuk memperbaiki, seperti alat las, tabung gas, hingga aspal. Expansion join sendiri adalah ruang muai yang tersedia dari sambungan beton di jembatan ataupun jalan layang.

Biasanya bahan penyambung yang digunakan adalah karet. Setelah karet penghubung diganti, biasanya dilapisi dengan aspal. Jadi kondisi permukaan jalan di antara beton bisa merata. Bagian sambungan siar muai yang rusak pun akan diganti dan dilapisi aspal kembali.

Flyover Kemayoran sendiri milik Dewan Pengendalian Pengawasan Pembangunan Kawasan Kemayoran (DP3KK) yang berada di bawah Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). Jadi kewenangannya berada di tangan Setneg.
(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed