detikNews
Senin 31 Desember 2018, 17:40 WIB

BNPB: Tahun 2018 Paling Banyak Korban Meninggal Dunia Akibat Bencana

Eva Safitri - detikNews
BNPB: Tahun 2018 Paling Banyak Korban Meninggal Dunia Akibat Bencana Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom
Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan korban meninggal dunia terbanyak akibat bencana ada pada 2018 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kerugian ekonomi akibat bencana juga terparah pada tahun ini.

"Dilihat dari jumlah korbannya, jadi selang 2007 sampai 2018, tahun ini adalah tahun yang terbesar bencananya yang menimbulkan korban meninggal dunia paling banyak. Kerugian ekonominya juga paling besar. Jadi tahun 2018 ini bisa saya katakan sebagai tahun bencana ditinjau dari jumlah korban dari kerugian ditimbulkannya," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jl Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018).



Sutopo mengatakan jumlah bencana jika dibandingkan dengan tahun 2017 cenderung menurun. Namun jumlah korban dan kerugian tahun ini meningkat.

"Namun pada 2018 korban meninggal naik 984 persen, korban hilang naik 1.972 persen. Korban luka-luka naik 1.996 persen dan korban mengungsi dan terdampak juga naik 178 persen dan jumlah rumah rusak naik 1.341 persen, dan bencana 2018 ini adalah yang terbesar sejak tahun 2007 sampai 2018," tuturnya.



Sebaran korban terbanyak itu terjadi di lima daerah, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, dan Kalimantan Selatan. Sutopo menyebut wilayah paling banyak kena bencana ialah Pulau Jawa.

"Ini dari jumlah kejadiannya, mengapa paling banyak selalu Jawa? Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur karena penduduknya paling banyak di sana. Mereka tinggal di daerah daerah rawan bencana. Lima kabupaten terbanyak ada di Jawa Tengah, yaitu Cilacap, Wonogiri, dan Tangerang, satu di Jawa Barat adalah di Kabupaten Bogor satu lagi di Provinsi Banten, yaitu di Kabupaten Serang," lanjutnya.


Simak Juga 'BNPB Sebut Indonesia Rawan Bencana Saat Pemilu 2019':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com