detikNews
Kamis 27 Desember 2018, 16:16 WIB

Kemhan Klaim Ada 84,3 Juta Kader Bela Negara Hingga 2018

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kemhan Klaim Ada 84,3 Juta Kader Bela Negara Hingga 2018 Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyebut antusiasme masyarakat tinggi terkait program bela negara. Kini sudah ada 80 jutaan kader yang mengikuti program bela negara.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Kemhan yang diterima detikcom, Kamis (27/12/2018), ada 84,3 juta kader yang mengikuti program bela negara. Kemhan menargetkan peserta program ini mencapai 100 juta orang pada 2024.


"Antusiasme masyarakat sangat tinggi dan ini menjadi tantangan bagi Kemhan untuk meningkatkan perangkat pendukung pembinaan bela negara tersebut," tulis pihak Kemhan dalam keterangan tersebut.

Selain itu, Kemhan turut membangun jalan perbatasan di Kalimantan selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Pembangunan jalan ini untuk mendukung pengamanan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.


Jalan Inspeksi dan Patroli Perbatasan (JIPP) serta Jalan Administrasi yang telah dibangun di Kalimantan sepanjang 999,5 kilometer. Jalan tersebut sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana perbatasan darat, seperti Pos Pamtas (Pos Pengamanan Perbatasan), border sign post (BSP), dan pilar perbatasan.

Terkait masalah keamanan dan perdamaian dunia, Kemhan telah membentuk Our Eyes yang diikuti oleh enam negara ASEAN. Kerja sama ini bertujuan menangkal gerakan terorisme di negara-negara ASEAN. Hingga 2018, RI telah mengirim 3.774 pasukan perdamaian dunia untuk PBB.


Saksikan juga video 'Jokowi: Apapun Agama dan Sukunya, Bela Negara Kewajiban Kita':

[Gambas:Video 20detik]


(aik/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed