detikNews
Rabu 26 Desember 2018, 13:03 WIB

Sekjen: PAN Solid Dukung Amien Rais, Surat Goenawan Mohamad dkk Diabaikan

Tsarina Maharani - detikNews
Sekjen: PAN Solid Dukung Amien Rais, Surat Goenawan Mohamad dkk Diabaikan Eddy Soeparno (Ari Saputra/detikcom)
FOKUS BERITA: PAN Pecah!
Jakarta - Lima pendiri PAN membuat surat terbuka yang isinya mendesak Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mundur dari jagat politik dan partai. Sekjen PAN Eddy Soeparno menyebut kelima pendiri PAN yang membuat surat itu sudah lama tidak aktif.

"Mereka pendiri PAN yang sudah lama tidak aktif dan tidak punya akar di partai," kata Eddy saat dimintai konfirmasi, Rabu (26/12/2018).


Para pendiri dan penggagas PAN yang menulis surat itu adalah Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohamad, Toeti Heraty, dan Zumrotin. Goenawan Mohamad telah membenarkan surat itu ditandatangani dirinya bersama empat rekan lain.

Eddy menyebut kelima nama itu jelas mendukung capres-cawapres yang tidak diusung PAN. Karena itu, lanjut dia, surat terbuka Goenawan Mohamad dkk akan diabaikan.

"Selain daripada itu, mereka adalah pendukung paslon yang tidak diusung oleh DPP PAN. Saya pribadi akan mengabaikan imbauan mereka," tuturnya.


Meski demikian, ia mengaku menghormati posisi Goenawan Mohamad dkk selaku pendiri PAN. Namun Eddy juga meminta mereka menghormati PAN yang mendukung Amien.

"Kami menghormati posisi mereka yang menulis surat tersebut, tapi kita meminta mereka menghormati posisi kami di DPP PAN yang solid mendukung Pak Amien Rais, terkait posisi dan pandangan politiknya," kata Eddy.

Selain itu, Eddy menegaskan PAN solid. Ia membantah ada perpecahan di tubuh partai. Eddy meminta kader PAN tak memperkeruh suasana.

"Kita meminta seluruh pihak di internal PAN maupun mereka yang memiliki keterkaitan dengan PAN untuk menjaga keutuhan partai dan tidak membuat suasana keruh, sehingga timbul persepsi bahwa PAN rapuh di dalam," tegas dia.

Amien didesak mundur karena manuver-manuver politiknya dinilai melenceng dari prinsip saat awal PAN didirikan. Goenawan Mohamad dkk mengaku telah memerhatikan kiprah Amien bersama PAN ataupun secara personal. Surat terbuka Goenawan Mohamad dkk bisa dibaca di link di bawah ini:




Saksikan juga video 'Sering Dihujat, Amien Rais Cuek':

[Gambas:Video 20detik]


(tsa/tor)
FOKUS BERITA: PAN Pecah!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed