DetikNews
Jumat 21 Desember 2018, 13:38 WIB

Massa Aksi 2112 untuk Muslim Uighur Demo Kedubes China, Bawa Ar Rayah-Al Liwa

Farih Maulana Sidik - detikNews
Massa Aksi 2112 untuk Muslim Uighur Demo Kedubes China, Bawa Ar Rayah-Al Liwa Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Massa menggelar demonstrasi solidaritas untuk muslim Uighur di depan Kedubes China, Jakarta. Mereka membawa bendera tauhid hingga spanduk-spanduk yang bertuliskan dukungan bagi masyarakat muslim Uighur yang diduga mengalami diskriminasi di China.

Pantauan detikcom di depan Kedubes China, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/12/2018), terlihat massa aksi mayoritas mengenakan baju berwarna putih dan hitam. Mereka memenuhi jalan di depan Kedubes China hingga tak bisa dilewati kendaraan.


Spanduk-spanduk yang dibawa berisi tulisan 'Bersatu bebaskan muslim Uighur', 'Aksi Solidaritas untuk Muslim Uighur'. Mereka juga meneriakkan takbir serta yel-yel antikomunis.

Terlihat ada polisi yang berjaga di depan Kedubes. Selain personel kepolisian, tampak juga kawat berduri yang disiapkan di depan Kedubes.

Massa Aksi 2112 untuk Muslim Uighur Demo Kedubes China, Bawa Ar Rayah-Al LiwaFoto: Farih Maulana/detikcom




Sebelumnya, seruan Aksi Bersama Solidaritas untuk Muslim Uighur China ini tersebar dalam poster digital yang beredar di media sosial dan aplikasi percakapan. Aksi akan digelar di depan Kedutaan Besar China pada hari ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Poster itu berisi tagar Tolak Komunis dan Save Uighur. Ada juga tulisan 'Uighur Merdeka, Usir Dubes China'. Poster itu juga mencantumkan logo sejumlah gerakan massa mulai dari PA 212 hingga GNPF-Ulama. Saat dimintai konfirmasi, Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif membenarkan mengenai aksi tersebut.
(haf/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed