DetikNews
Senin 17 Desember 2018, 14:40 WIB

Pembuktian! Kotak Suara 'Kardus' Tak Rusak Disemprot Air dan Diduduki

Yulida Medistiara - detikNews
Pembuktian! Kotak Suara Kardus Tak Rusak Disemprot Air dan Diduduki Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kotak suara berbahan karton kedap air atau yang ramai disebut 'kardus' menjadi polemik. Mengklaim kotak 'kardus' itu kuat, Ketua KPU Arief Budiman menyemprot kotak suara kardus itu dengan air. Bagaimana hasilnya?

Arief mendemonstrasikan kekuatan kotak suara tersebut di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018). Saat disemprot air dari luar dengan selang, bagian dalam kotak suara itu tak terkena air.

"Tidak tembus ke dalam," kata Arief.


Arief menyemprot sisi-sisi samping kotak suara itu, dan juga dari sisi mika yang transparan. Bagian dalamnya tak disemprot. Selain itu dia juga sempat menduduki kotak suara itu.


Pembuktian! Kotak Suara 'Kardus' Tak Rusak Disemprot Air dan DidudukiFoto: dok. KPU

Dia mengatakan kotak suara itu mampu menahan beban hingga 80 kg. Kotak suara itu, dia melanjutkan, juga mampu menahan air jika gerimis atau terkena percikan air, sementara jika terkena banjir lain soal, karena itu adalah musibah. Saat kotak suara didistribusikan nantinya juga akan dibungkus plastik.

"Saat didistribusikan ke pulau, maka bukan hanya dalamnya yang diplastik tapi juga diluarnya, jadi ketika didistribusi dia tidak kemasukan air, tetapi kalau orang bilang bagaimana kalau terendam banjir atau kapalnya tenggelam kita semua tidak bisa menghindari kalau problemnya sebesar itu mau bahannya alumunium atau apapun," ujarnya.

Pembuktian! Kotak Suara 'Kardus' Tak Rusak Disemprot Air dan DidudukiFoto: Ari Saputra



Saksikan juga video 'Kotak Suara 'Kardus' Bisa Dievaluasi, Alasannya?':

[Gambas:Video 20detik]


Pembuktian! Kotak Suara 'Kardus' Tak Rusak Disemprot Air dan Diduduki




(yld/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed