detikNews
Jumat 14 Desember 2018, 19:18 WIB

Tentang Antonov An-12BP yang Diduga Sumber Suara Misterius di Pantura

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Tentang Antonov An-12BP yang Diduga Sumber Suara Misterius di Pantura Tangkapan layar situs Flight Radar 24
Jakarta - Pesawat bikinan Uni Soviet, Antonov, terdeteksi melintasi langit Pantura dini hari tadi dan kebetulan berbarengan dengan munculnya suara misterius yang didengar warga. Berdasarkan spesifikasinya, pesawat itu bisa dipakai baik untuk sipil maupun militer.

Berdasarkan data di situs Flight Radar 24 yang dikutip detikcom, Jumat (14/12/2018), pesawat yang melintas itu adalah Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW dan nomor penerbangan UKL 4082. Antonov An-12BP merupakan versi pesawat angkut militer.



Dikutip dari situs Global Air, pesawat ini memiliki panjang 33 meter dengan rentang sayap 38 meter. Tinggi pesawat ini 10,53 meter.

Sebagai perbandingan, pesawat Boeing 737-800 memiliki panjang 39,5 meter, rentang sayap 35,79 meter, dan tinggi sayap 12,5 meter.

Pesawat tersebut dibekali mesin turboprops dan empat baling-baling. Antonov An-12BP bisa mengangkut 90 tentara dan berkecepatan maksimum 777 km/jam.



Suara mesin pesawat Antonov bisa dibilang khas karena terdengar lebih bising daripada pesawat angkut lainnya. Suara pesawat jenis ini juga pernah bikin heboh Kota Manchester, Inggris, pada 2015, seperti dikutip dari media lokal Manchester Evening News.

Jika dibandingkan, suara Antonov An-12BP dengan suara yang didengar warga Pekalongan hingga Kabupaten Semarang memang terdengar mirip. Namun belum bisa dipastikan apakah sumber bunyi misterius itu adalah benar pesawat Antonov An-12BP seperti yang terdeteksi situs Flight Radar 24.

Sebelumnya diberitakan, warga Pekalongan, Kabupaten Semarang, hingga Blora mendengar suara misterius yang meraung-raung dini hari tadi. Bersamaan dengan itu, situs Flight Radar 24 mendeteksi adanya pesawat Antonov An-12BP yang terbang di langit Pantura.

Hingga kini belum ada penjelasan resmi apakah benar sumber suara misterius itu adalah pesawat Antonov An-12BP. detikcom sudah menghubungi Airnav, tapi belum mendapatkan jawaban.

Belakangan TNI AU menyatakan bahwa pesawat Antonov yang melintasi wilayah Indonesia tersebut berada dalam ketinggian 22.000 kaki. TNI AU meyakini, secara teori dengan ketinggian tersebut pesawat Antonov tidak bisa mengeluarkan bunyi seperti yang viral dan disebut sebagai suara misterius.


(bag/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com