DetikNews
Rabu 12 Desember 2018, 18:03 WIB

KPU Tambahkan 6,4 Juta Pemilih ke DPT

Dwi Andayani - detikNews
KPU Tambahkan 6,4 Juta Pemilih ke DPT Komisioner KPU Viryan Aziz (Dwi/detikcom)
Jakarta - KPU telah memeriksa data 31 juta pemilih yang telah merekam KTP elektronik tapi belum masuk daftar pemilih tetap (DPT). KPU menyatakan, 6,4 juta di antaranya telah ditambahkan ke DPT.

"Sampai tadi pagi yang dimasukkan dalam DPT kurang-lebih 6,4 juta," ujar komisioner KPU Viryan Aziz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).



Sebelumnya, 31 juta pemilih yang belum masuk DPT ini diberikan oleh Dukcapil. Viryan mengatakan pihaknya juga telah mencocokkan data 31 juta dengan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4).

Berdasarkan pencocokan dari 31 juta, sebanyak 4 juta penduduk tidak terdata dalam DP4, sehingga tidak dimasukkan dalam DPT.

"Nah 31 juta itu kami olah, lakukan pengecekan dengan DP4 yang kami terima sebelumnya dari Dukcapil. Hasilnya, 4 juta yang justru nggak di DP4 sebelumnya, itu yang kami keluarkan," ujar Viryan.

Selain itu, sebanyak 10 juta tidak memenuhi syarat, dan 9,9 juta sudah ada di DPT sebelumnya. Menurut Viryan, saat ini KPU telah selesai menindaklanjuti 31 juta data tersebut.



"Ada kurang-lebih 10 juta nggak memenuhi syarat, 9,9 juta yang sudah ada dalam DPT, 4 juta nggak ada di DP4. Artinya, kami punya mekanisme kerja dengan verifikasi faktual atau coklit, mencegah potensi pemilih masuk yang nggak benar keberadaannya," ujar Viryan.

"Poinnya adalah 31 juta data dari Dukcapil sebagai data DP4 yang disebutkan belum ada di DPT sudah kami tindak lanjuti secara keseluruhan," sambungnya.
(dwia/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed