DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 11:00 WIB

Prabowo Kritik Media, Bamsoet: Jurnalis Punya Kebebasan

Yulida Medistiara - detikNews
Prabowo Kritik Media, Bamsoet: Jurnalis Punya Kebebasan Bamsoet (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan jurnalis dan pemimpin redaksi tiap media mempunyai kebebasan dalam menentukan topik yang akan diberitakan. Dia menyebut topik itu disesuaikan dengan misi tiap media.

"Saya hanya bisa menjawab sebagai saya mantan jurnalis. Jurnalis punya kebebasan, dan saya mantan pemimpin redaksi bebas menentukan topik apa yang mau diangkat sesuai dengan misi koran atau media yang saya pimpin," kata Bamsoet di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (6/12/2018).


Menurutnya, yang terpenting dalam pemberitaan ialah peran media untuk memberikan pendidikan dan informasi yang akurat pada masyarakat. Dia menyebut ada tiga misi media, yaitu menyampaikan informasi yang benar, mencerdaskan bangsa, serta menjaga persatuan dan kesatuan.

"Tapi yang penting yang menjadi patokan seorang pemimpin redaksi, redaktur, maupun pemilik media adalah, satu, memberikan pendidikan kepada masyarakat; yang kedua, memberikan informasi yang benar dan tepat; yang ketiga, memiliki misi mencerdaskan bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan," ucap Bamsoet.


Sebelumnya, kritik terhadap media disampaikan oleh capres Prabowo Subianto. Dia merasa heran atas minimnya pemberitaan media di Reuni 212 yang menurutnya dihadiri jutaan orang tersebut.

"Kita dipandang dengan sebelah mata, kita nggak dianggap, karena dibilang kita nggak punya duit. Mereka sudah tutup semua. Buktinya hampir semua media tidak mau meliput 11 juta lebih orang yang berkumpul, belum pernah terjadi di dunia," kata Prabowo dalam pidatonya dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (5/12).
(yld/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed