DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 10:46 WIB

Jejak Egianus Kogoya: Pernah Sandera Guru dan Tembaki Pesawat

Wilpret Siagian - detikNews
Jejak Egianus Kogoya: Pernah Sandera Guru dan Tembaki Pesawat Ilustrasi (Andhika Akbaransyah)
Jayapura - Siapa Egianus Kogoya yang memimpin kelompok kriminal bersenjata yang menembak mati 31 pekerja Trans Papua? Egianus ternyata telah melakukan sejumlah tindakan kriminal yang sadis di Papua.

Salah satunya menyandera 16 guru dan tenaga medis yang bertugas di Mapenduma, Nduga, Papua. Tindakan itu dilakukan kelompok ini dua bulan lalu. Belasan guru SD YPGRI 1 Mapenduma disandera selama 14 hari sebelum akhirnya dapat dibebaskan oleh polisi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan, penyanderaan terjadi pada 3-17 Oktober 2018. Sandera baru dilepas pada 18 Oktober. Seorang korban penyanderaan, menurut Kamal, juga menjadi korban tindakan asusila.




Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Nduga Fredik Samuel Bapundu menyatakan kelompok Egianus mencurigai para guru dan tenaga kesehatan tersebut sebagai aparat keamanan yang menyamar dalam rangka mencari informasi pergerakan KKB di wilayah itu.

Selain penyanderaan tersebut, kelompok Egianus diduga melakukan penembakan terhadap pesawat Trigana Air yang mengangkut personel pengamanan Pilkada Papua ke Kabupaten Nduga pada Juni 2018.



"Setelah menembaki pesawat, KKB kemudian menembak dan menyabet warga sehingga menyebabkan tiga orang meninggal dan dua orang mengalami luka sabetan parang. Salah seorang anak kecil mengalami luka parah," kata Kamal.
(iy/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed