detikNews
Jumat 30 November 2018, 18:33 WIB

Sandiaga Bela Habib Bahar, Timses: Serahkan ke Penegak Hukum

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Sandiaga Bela Habib Bahar, Timses: Serahkan ke Penegak Hukum Faldo Maldini/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Sandiaga Uno dikritik karena pernyataannya dianggap membela Habib Bahar bin Smith yang menyebut 'Jokowi kayaknya banci' hingga 'Jokowi haid'. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyatakan akan menyerahkan kasus Habib Bahar kepada penegak hukum.

"Ya kalau bagi kami kan kita punya institusi hukum ya. Ya kalau seandainya saya termasuk orang yang percaya kalau negara ini negara hukum. Kita serahkan semuanya ke penegak hukum, dan kita ikuti aturan hukum yang berlaku," kata Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Faldo Maldini, di Kafe Litera, Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (30/11/2018).

Faldo mengatakan, demokrasi seharusnya tidak mengkriminalisasi orang yang bicara cukup keras kepada pemerintah. Dia juga meminta penegak hukum bekerja sesuai prosedur.

"Ya kita juga sepakat bahwa demokrasi itu juga tidak mengkriminalisasi, tidak melakukan penangkapan kepada orang-orang yang mungkin bicara cukup keras kepada pemerintah. Kan undang-undangnya ada, yaudah kita serahkan aja lah kepada penegak hukum," ujar Faldo.







"Kita negara hukum, kita percaya sama aparat penegak hukum, kita percaya kehakiman, kita percaya polisi. Bekerjalah dengan benar. Semoga hal-hal kayak gini bisa menjadi pelajaran bagi kita. Kalau dari kita sih ya gimana ya, karena sekarang kan orang bebas ya untuk menyatakan sesuatu. Tapi kita patuh aja sama hukum," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga meminta aparat penegak hukum bijak dalam menyikapi pelaporan terhadap Habib Bahar bin Smith. Ia menyebut Habib Bahar sebagai tokoh agama yang setiap pernyataannya memiliki makna.






"Ini terus berulang kejadian ulama dan tokoh masyarakat yang dalam keadaan pilpres seperti ini tentunya kita harus sama-sama berhati-sama menjaga ujaran kita dan menenangkan menyejukkan suasana," sebut Sandiaga di Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (30/11).

"Beliau kan tokoh agama, di atas semua. Kalau tokoh agama, kiai, habib, itu menjadi panutan semua, dan juga apa yang disampaikan itu tentunya penuh makna. Kita sebagai masyarakat harus bijak untuk menangkap informasi, pesan-pesan, jangan cepat terprovokasi," ujar Sandiaga.

Habib Bahar bin Smith dipolisikan Jokowi Mania dan Cyber Indonesia gara-gara ceramah kontroversialnya yang menghina Jokowi. Kutipan yang paling viral di media sosial adalah ceramah yang menyebut 'Jokowi kayaknya banci'.


Simak Juga 'Habib Bahar Dipolisikan, Gerindra Ungkit Makian Bupati Boyolali':

[Gambas:Video 20detik]



(azr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed