DetikNews
Jumat 30 November 2018, 11:24 WIB

Panglima dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal hingga Pemilu 2019

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Panglima dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal hingga Pemilu 2019 Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel persiapan pengamanan rangkaian Natal dan tahun baru hingga Pemilu 2019. (Bil Wahid-detikcom)
Jakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel persiapan pengamanan rangkaian Natal dan tahun baru hingga Pemilu 2019. Selain menggelar pasukan, TNI juga menyiagakan peralatan taktisnya.

"Saat ini sangatlah tepat ketika kita berada di penghujung 2018 kita menyelenggarakan apel untuk memperkuat sinergi," kata Hadi saat bertindak sebagai inspektur upacara di Lapangan Monas, Jumat (30/11/2018).


Hadi juga memberikan evaluasi singkat kinerja TNI dan Polri selama tahun ini. Dia menilai kerja instansi tersebut berjalan baik selama satu tahun terakhir.

"Hampir genap setahun kita melakukan tugas, jiak operasi maupun penanganan bencana yang semuanya saya telah mampu dilaksanakan dengan baik," ujarnya.

Panglima dan Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal hingga Pemilu 2019Foto: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin apel persiapan pengamanan rangkaian Natal dan tahun baru hingga Pemilu 2019. (Bil Wahid-detikcom)

Kapolri dalam sambutannya juga menyinggung agenda yang akan dihadapi. Dia meminta kesiapan prajurit menghadapi agenda tersebut.

"Ke depan kita ada beberapa agenda penting laninya yang harus kita amankan, akhir tahun ada operasi Natal dan tahun baru, ke depan juga ada agenda besar yaitu pileg dan pilpres yang sudah dimulai tahapannya," ujarnya

Apel ini diikuti 50.000 personel dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri. Alutsista dari ke tiga angkatan juga ditampilkan.


Alutsista tersebut di antaranya Tank Leopard, Meriam Caesar, Busmaster, Panser Anoa, Panser Komodo, Tank Scorpion, Tank Stomer, Meriam 57 Mm, Radar MCP Poprad, Panser V 150, Meriam 76 Mm Saluting Gun, Helly Bell -412, Helly Bolcow dan Helly Apache. Itu semua merupakan peralatan milik TNI AD.

TNI AL menyiagakan Lvt-7 A1, BNp 3f, Btr 4 dan Roket ers Vampire Grad. Sedangkan alutsista TNI AU yang ditampilkan yaitu Helly Caracal, Helly Sp, Helly Colibri, Ooerlikon, Smart Hunter dan Gps Jammer.


Saksikan juga video 'Wiranto Minta Masyarakat Sadar dan Arif Jelang Natal dan Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]


(abw/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed