DetikNews
Minggu 18 November 2018, 09:55 WIB

Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Burung

M Iqbal - detikNews
Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Burung Foto: Petugas gagalkan penyelundupan puluhan ribu burung (dok. istimewa)
Cilegon - Petugas yang tergabung dalam Intelligence Collaboration berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan ribu burung dari Sumatera. Ribuan burung itu dibawa menggunakan truk.

Penangkapan itu dilakukan pada Sabtu (17/11) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB di salah satu SPBU di Kota Serang. Truk itu sudah diincar petugas sejak satu pekan lalu.

"Karantina Cilegon sebelumnya telah melakukan pengawasan selama 1 minggu, sebelum kemudian berhasil menangkap dan menahan pemasukan burung ilegal yang jumlahnya ditaksir mencapai lebih dari puluhan ribu ekor yang diangkut menggunakan truk berukuran besar," kata Kepala Balai Karantina Cilegon Raden Nurcahyo saat dikonfirmasi, Minggu (18/11/2018).


Raden mengatakan, petugas Karantina saat ini masih menghitung jumlah pasti burung selundupan dari wilayah Sumatera tersebut. Namun, ia belum bisa memastikan asal daerah ribuan burung itu.


Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu BurungFoto: Petugas gagalkan penyelundupan puluhan ribu burung (dok. istimewa)

Petugas Karantina mengatakan ada potensi burung jenis colibri, jalak kebo, manyar, dan pleci tersebut berasal dari Malaysia.

"Dari Sumatera, pasti daerah asalnya masih didalami oleh penyidik. Ada potensi selundupan dari Malaysia juga," ucapnya.

Dari penangkapan itu, petugas menyita barang bukti berupa satu unit truk bernomor polisi BE 8038 OB dan 3 orang yang diduga terlibat dalam penyelundupan puluhan ribu burung.
(gbr/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed