DetikNews
Senin 12 November 2018, 16:16 WIB

Sandiaga Langkahi Makam, Ma'ruf Amin: Serahkan ke Kiai Jatim

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Sandiaga Langkahi Makam, Maruf Amin: Serahkan ke Kiai Jatim KH Ma'ruf Amin (Eva Safitri/detikcom)
Pandeglang - Media sosial ramai oleh video soal cawapres Sandiaga Uno melangkahi makam KH Bisri Syansuri. Ia adalah salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yang lahir di Jawa Tengah dan merupakan murid Kiai Hasyim Asy'ari.

Lalu, bagaimana komentar cawapres Ma'ruf Amin mengenai aksi Sandiaga Uno melangkahi makam tersebut. Ma'ruf singkat mengatakan ia menyerahkan pendapat tersebut kepada kiai-kiai Jawa Timur.

"Itu serahkan ke kiai Jawa Timur. Apa kata kiai Jawa Timur," kata Ma'ruf kepada wartawan di Lebak, Banten, Senin (12/11/2018).



Ma'ruf enggan berkomentar banyak mengenai ini. Ia pun singkat mengatakan biarkan kiai di Jawa Timur yang menanggapi video viral tersebut.

Kiai Bisri merupakan pendiri Pesantren Mambaul Ma'arif di Jombang. Ia juga mendirikan perkumpulan yang menjadi basis pergerakan nasional dan embrio berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama.



Tim sukses Prabowo-Sandiaga sendiri sudah mengkonfirmasi tentang video tersebut. Tak ada niat Sandiaga melecehkan makam Kiai Bisri Syansuri.

"Yang pasti Bang Sandi nggak punya niat apa-apa untuk melecehkan makam atau apa pun juga ya. Yang pasti Bang Sandi nggak punya niat jelek untuk tidak hormat," kata jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.


Simak Juga 'Viral Video Sandiaga Langkahi Makam Pendiri NU':

[Gambas:Video 20detik]


Sandiaga Langkahi Makam, Ma'ruf Amin: Serahkan ke Kiai Jatim

(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed