DetikNews
Minggu 11 November 2018, 16:29 WIB

Masuki Musim Hujan, Penjaga Pintu Air Manggarai Siaga

Roland - detikNews
Masuki Musim Hujan, Penjaga Pintu Air Manggarai Siaga Pintu air Manggarai (Foto: Roland/detikcom)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Jakarta - Beberapa hari terakhir, hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Pintu-pintu air di kawasan Ibu Kota pun harus lebih intens diawasi untuk dapat memantau aliran air dari arah Bogor ke Jakarta.

Tugas itulah yang diemban Fajar, salah seorang penjaga pintu air Manggarai. Fajar menyebut pengecekan pintu air dilakukan setiap hari 24 jam.


Masuki Musim Hujan, Penjaga Pintu Air Manggarai SiagaFajar (Foto: Roland/detikcom)


"Kerjanya sehari 24 jam, besoknya libur. Jadi hari ini masuk 24 jam, besok libur 24 jam," kata Fajar ketika ditemui di tempat kerjanya, Minggu (11/11/2018).

Dalam sehari menurut Fajar ada setidaknya 3 orang yang bertugas. Fajar menyebut tidak ada libur hari raya atau tanggal merah bagi para operator pintu air.

"Kalau misalkan ada hujan deras atau ketinggian muka air naik, kita stand by semua di sini meski pun lagi libur kita stand by," ucapnya.




Menurut Fajar, pemantauan pintu air Katulampa di Bogor juga harus terus dilakukan. Sebab, air dari arah Bogor sudah pasti berimbas ke Jakarta. Pada saat melakukan pemantauan itu, Fajar kerap menemukan sampah-sampah yang menumpuk.

"Misalkan lagi banjir gitu ye paling peralatan-peralatan rumah tangga pasti ada kayak kulkas, TV pasti ada. Kalau pun mayat pasti ada, kadang-kadang, nggak sering sih," ucapnya.

Masuki Musim Hujan, Penjaga Pintu Air Manggarai SiagaFoto: Roland/detikcom


Saat memasuki musim hujan seperti saat ini Fajar berharap tidak terjadi banjir. "Harapannya sih nggak ada banjir lagi ya. Ya ibarat curah musim hujan tinggi juga banjir masih terkendalilah," imbuh Fajar.
(dhn/dhn)
FOKUS BERITA: Banjir & Longsor 2018
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed