DetikNews
Sabtu 10 November 2018, 20:08 WIB

Pakai Istilah 'Budek-Buta', Ma'ruf: Saya Tidak Marah, Tidak Menuduh

Andhika Prasetia - detikNews
Pakai Istilah Budek-Buta, Maruf: Saya Tidak Marah, Tidak Menuduh Kiai Ma'ruf Amin Blak blakan dengan detikcom (Foto: Erwin Dariyanto/detikcom)
Jakarta - Cawapres KH Ma'ruf Amin menyebut hanya orang 'budek' dan 'buta' yang tidak bisa melihat prestasi Presiden sekaligus capres petahana Joko Widodo. Ia menegaskan, ucapannya tidak menuduh seseorang.

"Saya tidak marah, dan bukan sedang menuduh siapa-siapa. Saya cuma bilang, kalau ada yang yang menafikan kenyataan, yang tak mendengar dan melihat prestasi, nah sepertinya orang itu yang dalam Alquran disebut į¹£ummum, bukmun, 'umyun. Budek, bisu, dan tuli," ujar Ma'ruf kepada Tim Blak blakan detikcom , Sabtu (10/11/2018).


Ma'ruf menjelaskan, yang ia katakan termuat dalam ayat Alquran. Ia merasa heran jika ucapannya disoal.

"Artinya orang yang tak mendengar, orang yang tak mau melihat, yang tak mau mengungkapkan kebenaran itu namanya bisu, budek, buta. Jadi itu bahasa 'kalau' ya. Saya tak menuduh orang, atau siapa-siapa. Saya heran, kenapa jadi ada yang tersinggung. Tak menuduh dia kok," kata Ma'ruf.

"Kecuali kalau saya menuduh, kamu itu (pelakunya), nah baru itu (masalah). Jadi tak ada yang salah dengan kalimat itu," ujarnya.

Ma'ruf juga menjawab ketika ada yang menuduhnya telah menyindir orang yang secara fisik adalah 'buta' maupun 'budek'.


"Tak ada konteks buta (fisik). Saya cuma bilang, yang tak mengakui itu kayak orang buta karena tak mau melihat. Kayak orang budek karena tak mau mendengar. Kayak orang bisu yang tak mau ungkapkan kebenaran. Itu saja sebenarnya. Kalimat itu juga biasa bunyi di Alquran. Lihat saja di Alquran kalau tak percaya," urai Ma'ruf.

Sebelumnya, Ma'ruf menilai sudah banyak prestasi yang dilakukan pemerintahan Jokowi. Kecuali, kata Ma'ruf, orang 'buta' dan 'budek' yang tidak yang bisa melihat prestasi tersebut.

"Orang sehat bisa dapat melihat jelas prestasi yang ditorehkan oleh Pak Jokowi, kecuali orang budek saja tidak mau mendengar informasi dan kecuali orang buta saja tidak bisa melihat realitas kenyataan," ujar Ma'ruf Amin dalam sambutan deklarasi Barisan Nusantara, di Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, hari ini.

Selengkapnya Blak blakan Kiai Ma'ruf Amin akan tayang pada Senin, 12 November 2018 pukul 11.00 WIB.


(dkp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed