DetikNews
Selasa 06 November 2018, 17:43 WIB

Pemeliharaan Flora dan Fauna, Istana Gandeng IPB

Andhika Prasetia - detikNews
Pemeliharaan Flora dan Fauna, Istana Gandeng IPB Foto: Pemeliharaan flora dan fauna, Istana gandeng IPB (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Istana Kepresidenan menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. IPB dinilai memiliki keahlian dalam disiplin ilmu tersebut.

"Di dalam Istana-istana Kepresidenan terdapat hewan, baik itu kuda, saya baru mendengar, Pak. Kuda itu sekarang sudah berjumlah 21. Kalau nanti Sekretariat Presiden nggak punya dana bisa digadaikan, Pak, gadaikan dipinjam sebentar. Nah itu perlu kami rawat, istilahnya perlu kami ternakkan sehingga kemampuan ini adanya di IPB," ujar Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Wisma Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Rektor IPB Arif Satria menyambut baik ajakan kerja sama dari pihak Istana. Arif memaparkan teknologi USG pohon yang diharapkan bisa mencegah robohnya pohon-pohon di lingkungan Istana saat terjadi hujan.

"Terus terang kami di IPB pun lakukan itu, melakukan audit pohon. Jadi pohon-pohon besar kita audit semuanya, melihat kondisi jangan sampai ketika ada angin ada hujan akan roboh. Saya kira sangat berbahaya sekali mengganggu safety kita. Nah begitu pula di Istana," kata Arif.

Pemeliharaan Flora dan Fauna, Istana Gandeng IPBFoto: Pemeliharaan flora dan fauna, Istana gandeng IPB (Andhika Prasetia/detikcom)

Acara dilanjutkan penandatanganan MoU. Kerja sama yang akan dilaksanakan meliputi :

a. Revitalisasi lanskap dan pemeliharaan tanaman buah-buahan dengan Fakultas Pertanian;
b. Penataan hutan lindung, pengecekan bangunan-bangunan yang terdapat unsur kayu dengan Fakultas Kehutanan;
c. Nutrisi dan teknologi pakan satwa dengan Fakultas Peternakan; dan
d. Pengelolaan sumber daya air dengan Fakultas Teknologi Pertanian.

Selain itu, ditandatangani MoU tentang pendidikan dan kedokteran hewan antara Kepala Istana Kepresidenan Cipanas Mustofa Alatas dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Prof Agus Setiono.

Seusai penandatanganan MoU, pihak Istana mengapresiasi IPB karena memiliki ahli-ahli dalam flora dan fauna.

"Sangat tepat bagi kita untuk kerja sama dengan IPB karena IPB memiliki keilmuan yang tepat, para ahli yang dapat membantu kita untuk memelihara hewan yang kita miliki, ada kuda kemudian rusa. Bapak Presiden juga memelihara domba dan juga katak ya. Saya nggak hapal, apa perlu treatment khusus untuk katak, saya nggak tahu, tapi alangkah baiknya kalau juga kita pelihara dengan keilmuan yang dimiliki oleh Bapak Ibu dari IPB," ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama.
(dkp/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed