DetikNews
Minggu 04 November 2018, 12:09 WIB

Mendagri Direkomendasikan Sanksi 11 Kepala Daerah Riau Pro-Jokowi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Mendagri Direkomendasikan Sanksi 11 Kepala Daerah Riau Pro-Jokowi Foto: Deklarasi dukung Jokowi di Riau (Chaidir-detik)
Pekanbaru - Deklarasi 11 kepala daerah di Riau mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin dinyatakan tidak menilai memenuhi unsur pidana. Namun demikian, para kepala daerah tersebut melanggar undang-undang lain dan direkomendasikan untuk dijatuhi sanksi.

"Hasil rapat Sentra Gakkumdu menyimpulkan bahwa 11 kepala daerah yang melaksanakan deklarasi dukungan Jokowi-Ma'ruf tidak terpenuhi unsur pidana Pemilu," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan Lubis kepada detikcom, Minggu (4/11/2018).


Walau tidak memenuhi unsur pidana, kata Rusidi, namun kesimpulan Bawaslu kepala daerah itu melanggar undang-undang lainnya. Bawaslu menyatakan para kepala daerah itu melanggar UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda.

"Sehingga kita merekomendasikan ke Mendagri untuk diberikan sanksi," kata Rusidi.


Menurut Rusidi, keputusan Gakkumdu yang tidak memenuhi unsur pidana berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh dari keterangan sejumlah bupati dan wali kota.

"Ini ditambah lagi keterangan ahli yang hasilnya tidak terpenuhi unsur pidana. Para kepala daerah tersebut saat memberikan dukungan statusnya lagi cuti," kata Rusidi.

Sebagaimana diketahui, pada 10 Oktober 2018 lalu, ada 11 kepala daerah yang mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi. Pelaksanaannya di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru.
(cha/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed