DetikNews
Senin 29 Oktober 2018, 01:24 WIB

Sohibul Iman: Calon Wagub DKI Dua-duanya PKS

Mochamad Zhacky - detikNews
Sohibul Iman: Calon Wagub DKI Dua-duanya PKS Foto: Presiden PKS Sohibul Iman (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Presiden PKS Sohibul Iman menyebut jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta adalah hak PKS. Jadi menurutnya, dua nama yang akan dicalonkan untuk menggantikan Sandiaga Uno harus berasal dari PKS.

"Ya karena itu ini dibilang hak PKS, ya tentu dua-nya PKS. Kalau non PKS nanti bisa nggak dapat itu wagub. Saya kira itu. Jadi ini tinggal, kita perlu ketemu," kata Sohibul di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (28/10/2018).

Sohibul menuturkan, sejak awal Ketum Gerindra Prabowo Subianto menjanjikan jabatan wagub diberikan ke PKS. Janji itu disampaikan Prabowo menjelang pendaftaran capres.

"Saya katakan bahwa Pak Prabowo di hadapan kami dan di hadapan saya sudah mengatakan, menjelang pencapresan itu bahwa Bang Sandi mundur dari DKI dan kemudian wagub ini diserahkan menjadi haknya PKS. Nah tentu ini kan perlu ada proses," terang Sohibul.

Kursi Wagub DKI masih menjadi persoalan karena kedua belah pihak, Gerindra dan PKS sama-sama menginginkan jabatan itu. Gerindra DKI ngotot mencalonkan M Taufik, sedangkan PKS bersikeras jabatan itu hak mereka.


Prabowo sendiri menyerahkan permasalahan tersebut ke Taufik. Prabowo memberikan wewenang kepada Taufik untuk menentukan nama calon dari Gerindra.

"Ketua Gerindra Jakarta namanya Muhammad Taufik. Kalau partai saya gitu, kalau ketua provinsi, dia yang tentukan, kalau ketua DPC, dia tentukan, saya bagaimana beliau-lah," ujar Prabowo kepada wartawan di Klender, Jakarta Timur, Rabu (24/10).


Saksikan juga video Pesan Djarot ke Anies : Jangan Lama-lama 'Jomblo':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +