detikNews
Sabtu 27 Oktober 2018, 11:14 WIB

Muncul Protes Gustika, Sandiaga Bicara Teladan Hidup Bung Hatta

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Muncul Protes Gustika, Sandiaga Bicara Teladan Hidup Bung Hatta Sandiaga Uno (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengaku terkesan oleh gaya hidup hemat Bung Hatta. Sandiaga ingin menirunya dalam urusan politik.

"Salah satu yang saya paling terkesan, Bung Hatta itu hemat. Nah ini yang gimana politik kita bisa hemat. Bung Hatta tuh mendorong sampai tertulis kan bagaimana dia tidak membeli sepatu dia simpan gambarnya," kata Sandiaga di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (27/10/2018).

Tapi Sandiaga menolak membicarakan polemik perbandingan dirinya dengan Bung Hatta. Sandiaga hanya menekankan teladan hidup Bung Hatta yang harus dicontoh.




"Sekarang ekonomi kita juga perlu seperti itu kita perlu penghematan. Yang sudah dicontohkan diteladani oleh Bung Hatta itu harus betul menjadi inspirasi kita," ujarnya.

Sandiaga dan Bung Hatta jadi pembicaraan karena muncul protes cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf-Hatta, terhadap video badan pemenangan Prabowo-Sandiaga.

Dalam video, koordinator juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, memperkenalkan anak muda yang terlibat menjadi jubir BPN.

Dahnil memperkenalkan satu per satu anak muda yang jadi jubir Prabowo-Sandi tersebut. Kemudian, dia bertanya alasan mereka yakin Prabowo-Sandi jadi presiden dan wakil presiden.

Terakhir, giliran Dahnil yang menjawab pertanyaan itu. Dia membandingkan Prabowo dengan Sukarno dan Jenderal Soedirman serta Sandiaga dengan Mohammad Hatta.

"Kalau bagi saya nih mereka seperti, apa seperti, bagian baru dari model Bung Karno dan Bung Hatta. Pak Prabowo itu seperti kombinasi Bung Karno dan Jenderal Soedirman, sedangkan Bang Sandi itu adalah bagian baru dari Bung Hatta," kata Dahnil.

"Itulah kenapa mereka berdua pantas jadi presiden dan wakil presiden," lanjutnya.

Ucapan Dahnil itu direspons Gustika Jusuf-Hatta. Lewat Twitter, Gustika keberatan ketika Sandiaga disamakan dengan Bung Hatta.

"Untuk orang yg kesabarannya minus kyk gue gini denger kakek gue disamain sama sandiaga uno rasanya mau muntah. every. single. time. waktu pilpres. why. cant. you find. your own f*cking voice. hatta is hatta, you is you. i am a hatta, but i ain't bung hatta," tulis Gustika.
(fdu/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed