detikNews
Sabtu 27 Oktober 2018, 08:02 WIB

Tonton Eksklusif Putri Proklamator, Moral Politik Bung Hatta

Erwin Dariyanto - detikNews
Tonton Eksklusif Putri Proklamator, Moral Politik Bung Hatta Halida Hatta (Foto: Tri Aljumanto/detikcom)
Jakarta - Perilaku para politikus menggunakan nama besar sang proklamator, Sukarno dan Muhammad Hatta untuk berkampanye menggaet pemilih terus berulang. Bedanya kali ini, salah satu cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta protes.

[Gambas:Video 20detik]

Dia tak terima nama besar eyangnya digadai-gadai setiap pemilihan presiden dan wakil presiden. Menurut perempuan kelahiran 19 Januari 1994 itu orang yang tak kenal dengan sosok Bung Hatta tak semestinya mengibaratkan sebagai sang proklamator itu. Tak Elok menggunakan nama Bung Hatta demi kepentingan politik.



Seperti apa sebenarnya sosok Bung Hatta?

Beberapa waktu lalu, detikcom mewawancarai langsung dua putri Bung Hatta, Meutia Farida Hatta Swasono dan Halida Nuriah Hatta. Keduanya Blak blakaan soal sosok Bung Hatta.

Meutia misalnya hingga kini masih ingat betul wejangan Bung Hatta untuk anak-anaknya. "Kita hidup secukupnya saja, tidak harus bermewah-mewah. Kita hanya punya nama baik dan itu yang harus kita jaga," kisahnya.



Sementara Halida menceritakan bahwa banyak orang yang sebel dengan Bung Hatta. Mereka sibuk mencari-cari kesalahan Bung Hatta. Namun lantaran Bung Hatta adalah sosok yang lurus dan bersih, kesalahan itu tak pernah bisa ditemukan.



Selengkapnya wawancara dengan dua putri proklamator tentang sosok Bung Hatta akan tayang di detikcom, Sabtu 27 Oktober 2018 pukul 13.00 WIB. Jangan lewatkan.


(erd/trw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed