detikNews
Jumat 26 Oktober 2018, 10:42 WIB

PSI Ternyata Pernah Kampanyekan Bupati Cirebon Saat Pilkada

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PSI Ternyata Pernah Kampanyekan Bupati Cirebon Saat Pilkada Ketua DPP PSI Tsamara Amany (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ternyata pernah memberikan dukungan kepada Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra saat maju sebagai calon di Pilkada 2018.

Ketua DPP PSI Tsamara Amany menerangkan dukungan kepada Sunjaya diberikan partainya bukan sejak awal pencalonan, melainkan pada menit-menit akhir sebelum pencoblosan.

"Alasannya, PSI perlu waktu panjang untuk memutuskan, dengan melakukan penelitian atas rekam jejak para calon. Kami tidak mau asal mendukung. Sebagai petahana, beliau tidak ada masalah dengan korupsi dan intoleransi yang menjadi nilai dasar PSI," kata Tsamara dalam keterangan tertulis, Jumat (26/10/2018).





Tsamara menyatakan PSI menyesal ikut mendukung dan mengampanyekan Sunjaya. Dia berharap proses hukum dapat ditegakkan dengan adil terhadap Sunjaya, yang jadi tersangka dugaan suap dan gratifikasi.

"Bagaimanapun, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Kami hanya bisa menyelidiki rekam jejak, hal-hal yang telah terjadi," ujarnya.





Dukungan dari PSI sebelumnya disuarakan oleh Ketua Umum PSI Grace Natalie dan Ketua DPP PSI Tsamara Amany. Dalam video yang dibagikan Sunjaya pada 20 Juni 2018 di akun Instagram pribadinya, dua pengurus PSI itu mengampanyekan Sunjaya pada Pilbup Cirebon 2018.

Dalam kasus ini, Sunjaya diduga menerima duit Rp 100 juta dari Gatot dan Rp 125 juta dari sejumlah pejabat lainnya di Cirebon. Dia juga diduga menerima gratifikasi Rp 6,4 miliar yang tersimpan dalam rekening atas nama orang lain.


Simak Juga 'Bupati Cirebon Kepala Daerah Ke-100 yang Terciduk KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com