detikNews
Kamis 25 Oktober 2018, 14:00 WIB

Wiranto: Ada 53 Kasus Hoax dan 324 Hate Speech Sepanjang 2018

Niken Purnamasari - detikNews
Wiranto: Ada 53 Kasus Hoax dan 324 Hate Speech Sepanjang 2018 Foto: Menko Polhukam Wiranto (Andhika-detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto memaparkan kasus serangan siber yang terjadi di Indonesia sepanjang 2018. Ada 324 kasus ujaran kebencian yang ditangani serta puluhan kasus terkait hoax.

"Cyber attack, hoax yang muncul dari teknologi tinggi. Kita lakukan langkah yang nyata menghadapi ini. Sepanjang 2018 kita sudah menangani hate speech 324 kasus dan 152 kasus sudah diselesaikan," ujar Wiranto dalam paparan 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

"Sementara itu ada 53 kasus hoax dan 30 diantaranya sudah ditangani," lanjutnya.





Wiranto menyatakan akan menindak tegas terkait penyebar hoax dan ujaran kebencian. Tak tanggung-tanggung, apabila terbukti menyebarkan, pelaku akan langsung ditangkap.

"Hoax itu kan tidak jelas asal-usulnya. Tapi sekarang kita melacak hoax itu muncul pertama kali dari siapa, kita harus tahu di sana. Dan kita akan tangkap," kata Wiranto di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2018).




"Kita tidak peduli lagi sekarang terhadap masyarakat, unsur-unsur masyarakat perorangan yang nyata-nyata melanggar hukum, mengganggu ketertiban umum, mengacaukan program pemerintah bersama rakyat. Hoax ujaran kebencian dan sekarang dicoba agar tidak dapat terdeteksi. Kita akan mendeteksi itu dan kita akan menindak dengan tegas dan keras," imbuhnya.



Saksikan juga video 'Mafindo: Dalam 3 Bulan, 230 Konten Hoax Beredar di Medsos':

[Gambas:Video 20detik]


(nkn/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com