DetikNews
Selasa 23 Oktober 2018, 23:49 WIB

KSAD-Menhub Bahas Lanudad Lampung Dipakai Penerbangan Sipil

Jabbar Ramdhani - detikNews
KSAD-Menhub Bahas Lanudad Lampung Dipakai Penerbangan Sipil KSAD Jenderal Mulyono membahas pengembangan Lanudad Gatot Subroto di Lampung agar bisa dipakai untuk penerbangan sipil. (Foto: dok. Dispen TNI AD)
Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menerima kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Keduanya membahas pengembangan bandara sipil di Way Kanan, Lampung.

Pertemuan KSAD dan Menhub digelar di Mabes TNI AD di Jakarta, Selasa (23/10/2018). Pertemuan ini dilakukan untuk menindaklanjuti MoU Nomor NK/02/V/2011 antara Gubernur Lampung dan Pangdam II/Sriwijaya, yang dibuat pada 17 Desember 2010.


Saat itu, Pemprov Lampung dan pemda Way Kanan telah menyelesaikan studi kelayakan dan master plan pengembangan Lanudad Gatot Subroto menjadi Bandara Gatot Subroto.

Pada 2012, Pemprov Lampung berkoordinasi dengan Kodam II/Swj terkait penggunaan Lanudad Gatot Subroto agar bisa dipakai untuk penerbangan sipil. Saat itu PT Angkasa Samudra Sejahtera digandeng sebagai mitra.

Namun kemudian tidak ada koordinasi lebih lanjut, baik dari Pemprov Lampung maupun dari pihak PT Angkasa Samudra Sejahtera.


Kemudian, pada 22 Februari 2018, dilaksanakan rapat di kantor Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Kemenkeu RI. Hasilnya, aset milik Kodam II/Swj berupa Lanudad Gatot Subroto akan dikerjasamakan dengan Pemkab Way Kanan untuk bandara sipil.

Mulyono mengungkapkan pengajuan rencana pemanfaatan Lanudad Gatot Subroto oleh Bupati Way Kanan untuk penerbangan sipil harus diajukan secara berjenjang sampai ke Kemenkeu RI dan tidak dapat dilaksanakan sebelum mendapat persetujuan Kemenkeu RI.
(jbr/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed