DetikNews
Jumat 19 Oktober 2018, 20:14 WIB

Masa Penahanan Karen Agustiawan Diperpanjang Kejagung

Yulida Medistiara - detikNews
Masa Penahanan Karen Agustiawan Diperpanjang Kejagung Karen Agustiawan saat pertama kali ditahan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) memperpanjang masa penahanan mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan hingga 40 hari ke depan. Karen menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan investasi pada Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG), Australia, pada 2009.

"Ya benar, diperpanjang penahanan yang bersangkutan dari tanggal 14 Oktober sampai 22 November," kata Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung Warih Sadono saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (19/10/2018).


Ia mengatakan saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Kejagung memperpanjang masa penahanan untuk memudahkan penyidik melakukan pemeriksaan.

"Karena proses penyidikan masih berjalan," kata Warih. Karen ditahan di Rumah Tahanan Pondok Bambu.


Kasus yang membelit Karen seputar investasi Pertamina di Blok BMG, Australia. Kejagung menyatakan investasi Pertamina diduga menyimpang mulai tahapan pengusulannya.

Pengusulan, disebut Kejagung, tidak sesuai pedoman investasi dalam pengambilan keputusan, yakni tidak melakukan kajian kelayakan dan tanpa adanya persetujuan dari dewan komisaris. Gara-gara investasi itu, negara rugi USD 31.492.851 dan AusD 26.808.244 atau setara dengan Rp 568.066.000.000.
(yld/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed