DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 10:12 WIB

KPU Kota Serang Buka Posko Perlindungan Pemilih

Bahtiar Rifa'i - detikNews
KPU Kota Serang Buka Posko Perlindungan Pemilih Ilustrasi (dok.detikcom)
Serang - Warga Kota Serang yang belum tercantum di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019 diminta mendatangi kantor kelurahan. Hari ini, KPU Kota Serang serentak membuka posko gerakan melindungi hak pilih.

Posko tersebut ada di 66 kelurahan se-kecamatan di Kota Serang. Di posko, warga bisa mengecek apakah namanya tercantum di DPT atau tidak. Jika tak ada, maka petugas akan memasukan data sebagai pemilih.

Komisioner KPU Kota Serang Fierly Mabruri menjelaskan, pembukaan gerakan ini sebetulnya serentak menggaet pemilih baru dan mengecek apakah ada data pemilih yang tidak memenuhi syarat. Selain itu, lewat gerakan ini KPU bisa mengubah elemen data kependudukan pemilih yang salah.

"Posko ini untuk memastikan pemilih bahwa kita (KPU) hadir. Tujuannya tadi, menggaet pemilih baru, mencoret yang tak memenuhi syarat," ujar Fierly di Serang, Banten, Rabu (17/10/2018).

Misakan di lapangan ternyata ada warga yang tak terdaftar di DPT, mereka kemudian masuk di daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPT-HP). Ini diakumulasi sampai 28 Oktober untuk kemudian ditetapkan sebagai pemilih.

Lewat pembukaan posko ini, baik Bawaslu maupun partai politik menurutnya dapat memberikan masukan bila memiliki data warga yang tak memiliki hak pilih. KPU, kata Fierly akan memfasilitasi dan memasukan data itu bila valid.

Posko ini, lanjutnya akan dibuka sampai tanggal 28 Oktober setiap hari pukul 10.00 WIb sampai 17.00 WIB. Di setiap kelurahan, ada panitian pemungut suara (PPS) dan pengawas pemilu lapangan (PPL) yang akan membantu warga. Ia memperkirakan, lewat gerakan ini, akan ada banyak pemilih baru yang terdaftar hingga memungkinkan bagi KPU untuk menambah TPS.

"Hampir bisa dipastikan nambah TPS. Yang sekarang kan ada 1.769 TPS, karena ada gerakan ini bisa bertabah," pungkasnya.



Saksikan juga video 'Buku Panduan Lengkap Pemilu 2019 Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]


(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed