DetikNews
Selasa 16 Oktober 2018, 12:58 WIB

BMKG Jelaskan Fenomena Hujan Es yang Guyur Lubuklinggau

Raja Adil Siregar - detikNews
BMKG Jelaskan Fenomena Hujan Es yang Guyur Lubuklinggau Hujan es di Lubuklinggau (dok detik)
Palembang - Hujan es dan badai angin kencang melanda wilayah Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Warga sempat panik dan mengaku hujan es baru pertama kali terjadi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Bandara SMB II Palembang Bambang menyebut hujan es disebabkan awan kumulonimbus di langit Lubuklinggau, Senin (15/10) sore. Bahkan fenomena ini sering terjadi.

"Kemarin ada awan kumulonimbus yang menyebabkan hujan es di Lubuklinggau. Fenomena ini jarang terjadi karena pada umumnya hanya ada di daerah tropis. Di tropis sendiri ada kondisi awan tertentu," kata Bambang kepada detikcom, Selasa (16/10/2018).



Menurut Bambang, fenomena hujan es di daerah tropis sendiri biasanya terjadi tak akan lama. Selanjutnya akan turun hujan biasa dan angin kencang. Namun sering ada potensi kecepatan angin tinggi.

"Biasanya hujan es itu sangat singkat ya. Hanya dalam hitungan 1-5 menitan saja, nanti dilanjutkan hujan biasa dan angin," imbuh Bambang.

Terakhir, BMKG memprediksikan saat ini sebagian wilayah Sumatera Selatan telah masuk musim peralihan dari kemarau ke hujan. Bahkan itu sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, hujan es terjadi bersamaan saat hujan deras disertai angin kencang di daerah tersebut. Hujan es yang jatuh sebesar jempol orang dewasa itu terjadi pertama kali di daerahnya di Kemuning, Kelurahan Joko Boyo, Linggau Utara II.

"Tadi itu berisik, awalnya saya kira kaca pecah. Ternyata ada es di lantai dan itu turun dari langit. Nggak lama, hanya 15 menitan dan buat heboh warga," terang salah seorang warga di Linggau, Rissa.

"Tempat lain pada banjir, di sini hujan es. Tadi banyak nggak berani keluar, karena selain hujan es juga hujan lebat dan ada petir bersahutan. Semua alat elektronik ya saya matikan," tutup wanita berusia 33 tahun tersebut.


Saksikan juga video 'Suhu Panas dan Hujan Es Intai Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed