DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 13:09 WIB

Cegah Korupsi, Walkot Malang Buat Ekskul Antikorupsi ke Anak SD

Zunita Putri - detikNews
Cegah Korupsi, Walkot Malang Buat Ekskul Antikorupsi ke Anak SD Wali Kota Malang Sutiaji (Muhammad Aminudin/detikcom)
Jakarta - Wali Kota Malang Sutiaji akan membuat ekstrakurikuler (ekskul) antikorupsi di jenjang sekolah dasar (SD). Program ini dibuat untuk membentuk sikap antikorupsi sejak dini.

"Insyaallah akan menjadi pilot project ya, berkaitan dengan pendidikan karakter. Karena, hemat saya, ada dua pendidikan karakter, tapi untuk sekolah SD ekskulnya pendidikan antikorupsi. Nanti dibuatkan kurikulum kombinasi antara yang sudah dilakukan dari teman-teman penindakan. Pencegahan korupsi akan kami lakukan, sandingkan dengan yang lokal," ujar Sutiaji seusai konferensi pers Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) di Hotel Sultan, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Selain pembuatan ekskul, narasi antikorupsi diberikan kepada murid-murid sejak jenjang pendidikan anak usia dini hingga menengah. Pendidikan karakter ini sudah setahun dijalankan. Anak kelas I dan II SD di Malang sudah mulai diberi pendidikan karakter antikorupsi.

"Kalau pendidikan karakter tadi saya lakukan kelas I dan kelas II, kami uji cobakan tidak ada baca-tulis, hanya khusus bagaimana ngantre, bagaimana tata cara menghormati orang tua. Terus ada sebaran uang, memang sengaja kita buang tapi anak ini tidak mengambil. Kita ajak ke mal-mal bagaimana caranya membiarkan anak begitu saja, tapi kita awasi," jelasnya.

Selain itu, anak SD hingga SMP diminta membuat biografi untuk mengetahui kemauan dan arah cita-cita anak tersebut.

"Jadi mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, berkaitan dengan pendidikan karakter anak, kita rekam ya anak ini cita-cita apa sih, ada anak yang cita-citanya dari SMP, TK ke SD sudah berubah, dari SD ke SMP berubah, tapi ada mulai SD mulai TK sampai nggak berubah, oh berarti anak ini yang dikembangkan dari sisi bakatnya ini, jadi ketahuan dan nanti kita sampaikan mungkin nanti konseling itu memudahkan," imbuhnya.


Saksikan juga video 'Cara Cegah Korupsi PLTU: Gunakan Energi Terbarukan!':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed