DetikNews
Jumat 12 Oktober 2018, 11:41 WIB

Dinkes: 6.771 KK di Bekasi Masih BAB Sembarangan

Isal Mawardi - detikNews
Dinkes: 6.771 KK di Bekasi Masih BAB Sembarangan Foto: Salah satu sudut Kota Bekasi. (Rengga Sancaya-detikcom)
Bekasi - Dinas Kesehatan Kota Bekasi mencatat 6.771 Kepala Keluarga (KK) di Kota Bekasi, Jawa Barat, masih buang air besar (BAB) sembarangan. Dari 57 kelurahan, hanya 2 kelurahan yang dinyatakan terbebas dari perilaku BAB sembarangan.

"Warga Kota Bekasi yang masih BAB sembarangan tercatat 6.771 KK dari 600.000 KK di Kota Bekasi. Saat ini sudah ada 2 kelurahan yang mendeklarasikan sebagai kelurahan ODF (Open Defeaction Free/ bebas dari BAB sembarangan), yaitu kelurahan Jatibening dan kelurahan Kota Baru," ujar Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bekasi, Vevie Herawati, melalui pesan singkat, Jumat (12/10/2018).


Vevie menuturkan kondisi ini tidak hanya disebabkan karena masalah ekonomi, namun juga kurangnya pengetahuan masyarakat. Vevie mengatakan masih banyak warga Kota Bekasi yang membuang kotoran ke sungai.

"Warga yang tinggal di dekat saluran air seperti kali dan sungai, masih menyalurkan kotoran tinjanya ke saluran air tersebut. Sedangkan warga yang tempat tinggalnya jauh dari saluran air maka kotorannya di buang di empang dan dengan sengaja dipelihara ikan lele sebagai umpannya," ujar Vevie.

Menurut Vevie, hal tersebut berakibat pada pencemaran kualitas air serta sebagai sumber penularan penyakit lewat lalat. Salah satunya gangguan pencernaan.


Vevie mengatakan masyarakat perlu membuat saluran tinja dan tempat penampungan tinja tertutup. Dinas Kesehatan Kota Bekasi akan terus mensosialisasikan pengetahuan mengenai stimulan sanitasi dasar kepada warga Bekasi di setiap kelurahan.

"Indikator masyarakat hidup sehat salah satunya adalah fasilitas untuk membuang tinja pada tempat yang layak dengan tempat penampungan tertutup," ujar Vevie.


Saksikan juga video 'Kali Bekasi Berbusa dan Bau, Dinas LH: Sumbernya di Cileungsi':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed