DetikNews
Selasa 09 Oktober 2018, 12:48 WIB

Merasakan Hari Tanpa Bayangan di Monas Siang Ini

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Merasakan Hari Tanpa Bayangan di Monas Siang Ini Foto: Monas saat hari tanpa bayangan (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Jakarta hari ini mengalami hari tanpa bayangan pada pukul 11.40 WIB. Seperti apa rasanya saat 'kehilangan' bayangan di Monas siang-siang?

detikcom berada di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018) sejak pukul 11.00-11.40 WIB. Pada pukul 11.00 WIB, bayangan dari benda-benda di sekitar Monas masih terlihat.

Merasakan Hari Tanpa Bayangan di Monas Siang IniFoto: Monas saat hari tanpa bayangan (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)


Mendekati pukul 11.40 WIB, bayangan dari benda yang berdiri tegak lurus mulai samar-samar tidak terlihat. Hingga akhirnya tepat pada pukul 11.40 WIB, bayangan dari benda tegak lurus sudah tidak terlihat tepat dengan terdengarnya suara azan Zuhur.



Bayangan tempat sampah dan plang pemberitahuan tidak terlihat. Termasuk bayangan reporter detikcom sendiri tidak terlihat selama 2-3 menit. Kondisi ini hanya bertahan beberapa menit, setelahnya bayangan kembali terlihat.

Merasakan Hari Tanpa Bayangan di Monas Siang IniFoto: Monas saat hari tanpa bayangan (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)


Siang ini, pengunjung Monas tidak terlalu ramai. Beberapa pengunjung Monas tidak mengetahui bahwa siang ini berlangsung hari tanpa bayangan.

"Saya sengaja datang mampir ke sini untuk karena hari kerja jadi enak main ke Monas. Emgga tahu kalau hari ini ada hari tanpa bayangan," kata salah satu pengunjung Monas, Ando Pratama saat berbincang dengan detikcom.

Merasakan Hari Tanpa Bayangan di Monas Siang IniFoto: Monas saat hari tanpa bayangan (Samsdhuha Wildansyah/detikcom)


Sebelumnya diberitakan, fenomena hari tanpa bayangan ini terjadi setahun dua kali. Fenomena ini sebelumnya terjadi pada 5 Maret 2018. Kondisi ini terjadi saat matahari tepat berada di atas kepala.



Peristiwa hari tanpa bayangan terjadi karena Bumi beredar mengitari Matahari pada jarak 150 juta kilometer dengan periode sekitar 365 hari. Garis edar Bumi berbentuk agak lonjong sehingga Bumi kadang bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat.

Bidang edar Bumi disebut sebagai bidang ekliptika. Bidang ini miring sebesar 23,4 derajat terhadap bidang ekuator Bumi.


Saksikan juga video 'Begini Penjelasan Ilmiah Hari Tanpa Bayangan':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed