DetikNews
Sabtu 06 Oktober 2018, 09:00 WIB

Golkar Tak Persoalkan DKI Biayai Ratna ke Chile Asal Ikut Aturan

Haris Fadhil - detikNews
Golkar Tak Persoalkan DKI Biayai Ratna ke Chile Asal Ikut Aturan Ratna Sarumpaet (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Golkar mengaku tak mempersoalkan Pemprov DKI Jakarta menjadi sponsor Ratna Sarumpaet ke Chile asalkan hal tersebut sesuai dengan aturan. Menurut Golkar, siapa saja bisa mengajukan permohonan untuk mendapat bantuan dana dari Pemprov DKI.

"Yang dipersoalkan apa, kita belum melihat dari sisi lainnya sih. Saya juga bisa kok mengajukan permohonan, lembaga, siapa saja, masyarakat (bisa minta Pemprov DKI) untuk mensponsori, membiayai (berangkat ke kegiatan di luar negeri). APBD kan uang rakyat," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali kepada detikcom, Jumat (5/10/2018).


Dia menilai tak ada unsur balas budi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Ratna terkait pembiayaan tersebut. Ashraf menyatakan jika ada yang tidak sesuai dengan disposisi Anies ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terkait pembiayaan Ratna, bisa dilakukan audit atau pengecekan.

"Ini kan dalam konteks kegiatan. Soal di dalamnya mungkin dulu ada hubungan dalam arti dukungan dan sebagainya, bukan konteksnya balas budi ya, tapi konteks masyarakat saya rasa," ucapnya.


"Dilihat saja aturannya, bisa dikaji kan. Apa yang didisposisi Pak Gubernur sesuai aturan, sesuai nggak dengan aturan, kan bisa diperiksa. Kalau ada ketidaksesuaian dengan aturan, berarti ada yang dilanggar. Kalau memang aturannya sesuai, ya di mana letak pelanggarannya? Kalau kecurigaan lain mungkin di luar aturan, itu perlu diklarifikasi," sambung Ashraf.

Ratna sebelumnya dijadwalkan hadir dalam Women Playwrights International Conference 2018 di Santiago, Chile. Namun dia batal berangkat karena diamankan polisi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum take off terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoax untuk keonaran.


Keberangkatan Ratna itu disponsori oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta atas disposisi Anies. Ratna diberi akomodasi, tiket, dan uang saku senilai Rp 70 juta.

Pembiayaan itu kemudian dinilai oleh PKB DKI sebagai balas budi Anies kepada Ratna, yang pernah menjadi timsesnya. "Ya itu nggak anehlah. Karena kan bagian dari balas jasa Gubernur. Kan dulu Ratna bagian dari pendukung Anies," kata Ketua Fraksi PKB DPRD DKI Hasbiallah Ilyas.

Anies menyatakan Pemprov mensponsori Ratna ke Chile sebagai bentuk dukungan kepada seniman. Dia pun menepis pembiayaan tersebut sebagai balas budi ke Ratna.

"Tidak (balas budi). Pemprov mendukung seniman-seniman yang berangkat ke luar negeri. Semua pakai aturan. Dalam beberapa bulan terakhir kita mengirim banyak seniman ke luar negeri, agar bisa mewarnai kancah seni dunia," kata Anies di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/10).


Saksikan juga video 'Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed